Assalamualaikum, moms...

Siapa moms disini yang nggak pernah lupa absen untuk selalu membeli stok frozen food saat belanja bulanan? Memang frozen food seperti chicken nugget itu memang cukup memudahkan kita saat kehilangan ide untuk masak atau menyiapkan bekal anak/suami saat waktu mepet ya moms. Apalagi anak-anak cenderung suka makanan olahan ayam yang kering gitu ya moms.

Nah, karena nugget yang dijual di pasaran itu berpengawet dan juga mengandung banyak tepung dan MSG, jadi kurang baik yaa kalo dimakan sering-sering apalagi dimakan anak-anak. Kenapa nggak coba bikin sendiri aja moms? Selain lebih sehat, lebih hemat di kantong juga lho moms.

Kali ini saya mau share resep chicken nugget sehat rumahan ala saya ya. Kenapa sehat? Karena dalam adonannya saya tambahkan sayuran (wortel dan brokoli) dan parutan keju untuk rasa yang lebih mantap. Plus nyaa tanpa tambahan MSG dan tanpa pengawet.

Homemade ​​​​Chicken Nugget



Bahan Adonan :
1 kg ayam fillet, giling halus
3 buah wortel impor
1 buah brokoli
1 buah bawang bombay
3 butir telur
1 pack keju cheddar
2 sachet susu bubuk full cream
3 sdm munjung tepung tapioka
5 sdm munjung terigu
5 sdm kecap asin
1 sdm garam
1 sdm gula pasir

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran (pakai merica bubuk juga boleh)
Sedikit saja pala

Bahan Pencelup :
Secukupnya terigu
Secukupnya air putih matang

Bahan Pelapis :
300 gram tepung roti, blender sebentar agar menjadi butiran yang lebih halus 

Cara Membuatnya:

1.  Siapkan dulu bahan-bahannya ya moms. Pastikan ayam gilingnya halus, bukan yang kasar agar tidak hancur saat dipotong-potong. Wortel dicincang halus, saya gunakan chopper. Brokoli petiki kuntumnya dan cincang halus, lalu rebus sebentar agar hilang bau langu nya. Bawang bombay dicacah halus juga. Keju cheddar diparut halus.




2. Haluskan bawang putih, merica dan pala. Sisihkan.


3. Campur semua bahan dalam satu wadah. Aduk dan tes rasa. Biarkan rasa sedikit lebih asin karena kadar asin akan berkurang saat proses pengukusan. Lalu tuangkan ke dalam loyang yang sudah dialasi baking paper. Jangan lupa dipadatkan dan ditekan-tekan saat dimasukkan ke dalam loyang ya moms.



4.  Kukus selama kurang lebih 40 menit atau sampai adonan nugget matang/padat dan keras. Keluarkan adonan dengan menarik baking paper, potong-potong sesuai selera dan biarkan dingin.


5.  Buat bahan pencelup, aduk terigu dan air sampai konsistensi kental. Jangan terlalu cair,  dan jangan terlalu menyerupai pasta ya moms. Asal bisa melapis nugget dan menempel pada tepung roti. Kemudian gulingkan pada tepung roti yang sudah dihaluskan dengan blender. Mohon maaf step yang ini lupa saya dokumentasikan.

6. Susun dalam wadah kedap udara, jangan lupa melapis tiap susunan dengan plastik bersih agar tidak saling menempel ya moms. Selesai! Jika ingin digoreng langsung, bisa didiamkan di freezer sebentar saja agar lapisan tepung roti menjadi set. Jika ingin difrozen, masukkan ke dalam freezer. Insyaa Allah akan memudahkan moms saat ingin memasak yang instan namun tetap sehat.




Bagaimana moms, mudah kan... Yuuuk dicoba.

​​​
​​​​

​​​​​