Halo moms, dikesempatan kali ini bu'az (ibu azka) akan membahas tentang. Gimana sih perasaan anak moms jika dia dibandingkan dengan kakaknya,adiknya, sepupunya, dan temannya ?

Ada kalanya moms jaman now ketika menasehati anaknya banyak yang membandingkan anaknya dengan yang lainnya. Biasanya anak yang dinasehati dengan cara dibandingkan, mood anak pasti akan berubah 360°.

Moms harus tau dampak dari anak yang merasa dibandingkan dengan anak lainnya akan berdampak buruk pada psikologi anak dan kehidupan anak tersebut.

Berikut bu'az akan memaparkan dampak-dampak anak yang dibandingkan dengan anak lain. Cekidooot !

1. Anak Jadi Merasa Minder

Terkadang anak yang dibandingkan dengan anak lain akan merasa minder. Rasa minder tersebut si anak dapat merasa dirinya bodoh karena dia telah dibandingkan dengan yang lain dan anakpun tidak bersemangat untuk menjalani aktifitasnya sehari-hari. Tidak semangat karena bertemu anak yang telah dibandingkan dengannya adalah fakor utamanya.

2. Anak Menjadi Pribadi Yang Tertutup

Anak akan menjadi pendiam menjadi dampak dari anak dibanding-bandingkan dengan anak yang lainny. Mereka diam karena tidak terima dengan apa yang mereka dengar dari moms. Kalau sudah begini mereka akan cenderung berdiam diri dikamar dibanding bersosialisasi diluar rumah.

3. Anak Menjadi Tidak Mudah Bergaul

Kepercayaan diri seorang anak sangat dibutuhkan dalam bersosialisasi. Bila anak dibandingkan dengan anak lain, si anak bisa merasa tidak percaya diri untuk segala hal. Tidak berani melakukan sesuatu, pemalu, dan dia akan merasa takut untuk melakukan suatu hal dan anak tersebut akan mengalami kesulitan untuk bergabung disuatu komunitas atau kelompok.

4. Anak Akan Menjadi Pendendam

Efek yang ditimbulkan oleh anak yang suka dibanding-bandingkan dengan anak lain. Dia akan kesal dengan teman & orang tuanya. Dia akan menjadi pribadi yang pendendam dan tidak lain anak akan membenci teman bahkan orang tuanya.

5. Anak Akan Mencari Pelarian

Bila suasana hati anak sudah tidak menentu. Anak akan melakukan suatu hal yang membuatnya melupakan kekesalannya karena telah dibanding-bandingkan. Biasanya pelarian tersebut bukan hal yang positif melainkan pelarian yang negatif akan berujung kepada anak yang telah dibanding-bandingkan

Nah itulah dampaknya bila kita telah membandingkan anak kita dengan anak lain. Hal yang buruk akan terjadi dalam diri anak kita. Untuk menghindari itu semua sebaiknya para moms bila menasehati anak moms tidaklah perlu membanding-bandingkan anak moms dengan anak lainnya, agar tidak terjadi dampak-dampak yang tidak diinginkan untuk anak moms kedepannya.

Segitu dulu ya moms , lanjut lagi nanti di tema-tema menarik lainnya ...