Sekilas Tentang Pasir Kinetik

Anak-anak pasti senang bermain pasir. Biasanya anak bermain pasir di pantai atau pasir yang ada di dekat rumah. Namun pasir yang asli belum tentu terjamin kebersihannya, Moms! Bisa jadi anak lupa mencuci tangannya setelah bermain pasir yang menyebabkan mereka terkena sakit perut. Maka, Moms bisa menyediakan pasir kinetik yang tentunya lebih steril untuk anak-anak.

source: https://www.youtube.com/watch?v=IPH4Z-RpXZc

Memang tekstur pasir kinetik ini sangat unik. Halus, mudah dibentuk, tidak lengket di tangan, namun masing-masing unsurnya melekat sempurna sehingga tidak messy. Namun terkadang, harga pasir kinetik yang dijual di pasaran terlalu mahal sehingga Moms harus maju-mundur untuk membelinya. Lalu kenapa tidak membuat sendiri Moms? Coba yuk, membuat pasir kinetik sendiri dengan langkah ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • 3 cangkir tepung kanji
  • 1,5 cangkir air
  • 6 cangkir pasir yang bersih dan halus
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Mangkok plastik
source: http://www.growingajeweledrose.com/2015/01/homemade-kinetic-sand.html
baca juga

Cara Membuat

  1. Tuang air ke dalam mangkok plastik besar.
  2. Masukkan tepung kanji ke dalam air, aduk rata.
  3. Tuang pasir ke dalam campuran tersebut, aduk sampai benar-benar tercampur rata.
  4. Jika ingin mengubah warna pasir, campurkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam campuran tersebut.
source: http://www.momtastic.com/diy/686719-diy-kinetic-sand/

Moms juga bisa menambahkan glitter pada campuran yang telah jadi untuk menambah efek mengkilat pada pasir yang dihasilkan. Ini seperti pasir kinetik yang biasa dijual di toko mainan edukatif anak, yakni ada efek mengkilatnya.

Voila, jadi deh pasir kinetiknya. Memang hasil buatan sendiri tidak akan bisa disamakan dengan membeli kinetic sand yang sudah jadi. Tapi jika Moms ingin berhemat sekaligus meningkatkan kreativitas, tidak ada salahnya membuat pasir kinetik sendiri. Dijamin anak juga suka! Karena pasir kinetik ini mudah dibentuk, bertekstur halus, tidak lengket di tangan serta tidak berantakan. Selamat bermain pasir bersama si kecil, Moms!

source: http://www.sisternet.co.id/read/279634-buat-kinetic-sand-sendiri-yuk