1. Mudah Lelah

Rasa mudah lelah biasanya akan Moms alami 4-5 hari menjelang siklus menstruasi. Rasanya pegal-pegal seperti habis berolah raga berat. Padahal Moms tidak baru saja melakukan aktivitas fisik apapun. Hal ini karena hormon prostaglandin yang memicu otot rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah haid mulai bekerja menjelang menstruasi. Untuk meringankan gejalanya, Moms bisa mengkonsumsi air putih dan cukup beristirahat.

1. Mudah Lelah
source: http://obatsakitdalam.blogspot.co.id/2015/12/sakit-pinggang-saat-haid-normalkah.html

2. Sakit Kepala

Moms tidak sedang mengalami flu. Badan juga fit. Tapi entah kenapa bagian kepala terasa sakit hingga inginnya tiduran saja. Hal ini biasa terjadi karena hormon yang tidak seimbang jelang menstruasi. Biasanya bagian kepala yang sakit adala bagian depan. Moms bisa membalurkan minyak gosok pada kepala yang sakit untuk meringankannya. Cukup tidur juga bisa membantu Moms mengurangi gejala sakit kepala ini.

2. Sakit Kepala
source: http://sakitkepalasebelah.com/
baca juga

3. Perut Kembung

Perut kembung biasa terjadi sebelum Moms mengalami menstruasi karena kadar \estrogen yang naik turun sehingga menyebabkan kelebihan air yang disimpan dalam tubuh. Hal ini memicu terjadinya perut kembung. Untuk mengatasinya, Moms bisa mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan serta berolah raga. Selain itu, batasi juga konsumsi makanan berlemak dan makanan yang mengandung banyak gula garam ya, Moms!

3. Perut Kembung
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mengatasi-perut-kembung-saat-haid/

4. Payudara Sensitif

Saat menjelang menstruasi, biasanya payudara Moms menjadi jauh lebih sensitif dari sebelumnya. Rasanya nyeri dan sedikit sakit jika dipegang. Hal ini karena sebelum menstruasi, terjadi peningkatan level estrogen dan progesteron yang menyebabkan bengkak dan nyeri payudara. Untuk menguranginya, Moms bisa menggunakan bra yang tepat sehingga dapat menyangga payudara dengan pas sehingga tidak menimbulkan nyeri.

4. Payudara Sensitif
source: http://magazine.orami.co.id/7-cara-membedakan-gejala-pms-dan-gejala-hamil/
baca juga

5. Diare

Biasanya Moms juga akan mengalami gejala diare yakni perut mulas sebelum menstruasi. Hal ini karena peningkatan estrogen yang menyebabkan pergerakan usus makin cepat sehingga terjadi diare. Kalau tidak diare, minimal Moms mengalami buang air besar yang terlalu lancar, lebih dari biasanya. Jangan khawatir, gejala ini akan pulih saat menstruasi memasuki hari ketiga.

5. Diare
source: http://rockingmama.id/post/tips-bebas-sakit-saat-pms

6. Muncul Jerawat

Nah, tanda ini biasanya paling ditakuti para Moms ya. Wajah yang biasanya mulus mendadak dihiasi cukup banyak jerawat yang mengganggu penampilan. Lagi-lagi hormon penyebabnya, Moms! Peningkatan level progesteron menyebabkan peningkatan produksi sebum, yang memicu timbulnya jerawat. Namun, setelah periode menstruasi selesai, biasanya jerawat sudah hilang sendiri kok, Moms!

6. Muncul Jerawat
source: https://www.winnetnews.com/post/apa-yang-harus-dilakukan-saat-jerawat-pms-menyerang

7. Mood Swing

Biasanya kalau sudah dekat waktu kedatangan tamu bulanan, Moms mendadak mengalami mood swing. Sebentar happy, lalu setelahnya menjadi sedih tak terkira. Ini wajar sih, Moms! Ketidakseimbangan hormon menjelang menstruasi menyebabkan Moms mudah sekali mengalami perubahan suasana hati. Meski wajar, hati-hati kalau mood swing muncul di saat suami juga sedang lelah banyak pekerjaan, bisa perang dunia ketiga, Moms! 

7. Mood Swing
source: https://www.hipwee.com/opini/cewek-kalau-lagi-pms-emang-seremnya-sama-kayak-valak/

Itu tadi 7 gejala jika Moms akan mengalami menstruasi. Sebaiknya sih Moms selalu mencatat tanggal-tanggal di mana Moms mengalami menstruasi. Selain sebagai persiapan untuk membawa pembalut selalu, juga dapat digunakan sebagai pengingat masa subur atau menghitung siklus bulanan Moms. Semoga tetap bugar meski sedang PMS ya, Moms!