1. Sakit dan Nyeri

Di awal kehamilan, perubahan payudara yang mungkin akan Moms alami pertama kali adalah sensasi nyeri dan berat pada payudara. Nyeri iniI lebih hebat dari nyeri payudara yang Moms rasakan menjelang menstruasi. Nyeri payudara inithe wajar terjadi karena perubahan hormon pada saat kehamilan. Di pertengahan kehamilan, biasanya payudara Moms sudah lebih nyaman. Namun, di akhir masa kehamilan biasanya rasa nyeri payudara ini kembali datang karena payudara telah terisi kolostrum sebagai persiapan makanan utama si buah hati.

source: https://www.avawomen.com

2. Perubahan Ukuran

Saat awal hamil, mungkin Moms merasakan perubahan payudara dalam hal ukuran. Payudara menjadi lebih besar dan padat berisi. Hal ini wajar karena payudara sedang berproses mempersiapkan ASI. Perubahan ukuran pada payudara ini biasanya disertai dengan rasa nyeri, akibatnya payudara menjadi jauh lebih sensitif. Beberapa ibu juga ada yang mengalami rasa kesemutan seiring membengkaknya payudara selama kehamilan.

source: http://www.newhealthadvisor.com
baca juga

3. Perubahan Warna

Saat Moms mulai menyadari kehamilan Mommies, biasanya akan terlihat pembuluh vena di sekitar kulit payudara, yang dalam kondisi tidak hamil biasanya jarang terlihat. Selain itu, daerah puting dan areola Moms akan terlihat menghitam. Perubahan warna ini akan terus terjadi sepanjang masa kehamilan Mommies. 

source: https://www.todaysparent.com

4. Benjolan di Sekitar Payudara

Beberapa Moms ada yang mengalami muncul benjolan di area sekitar payudara, termasuk di ketiak. Mungkin Moms agak cemas karena mengira benjolan ini berbahaya. Namun bisa jadi, benjolan ini akibat kelenjar susu mulai mengalami pembengkakan dalam rangka mempersiapkan ASI bagi buah hati. Enggak perlu khawatir ya, Moms! Benjolan ini akan segera hilang saat sesi menyusui dimulai. Namun, Moms harus berkonsultasi ke dokter bila benjolan tak kunjung hilang setelah menyusui si kecil.

source: https://www.hellomagazine.com

Nah, tiga perubahan payudara di atas biasa Moms alami saat sedang hamil. Enggak perlu khawatir karena hal tersebut wajar. Payudara jelas berubah selama kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi si buah hati. Selamat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia ya, Moms!