Apnea
Mungkin Beautynesian masih awam dengan istilah ini. Apnea merupakan penyakit yang merujuk pada kondisi bayi baru lahir, terutama bayi premature, yang tiba-tiba tidak dapat bernafas selama beberapa detik, sehingga dapat membuat kulit di sekitar mulutnya menjadi kebiruan akibat kekurangan suplai oksigen. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh dua faktor, yaitu belum sempurnanya perkembangan sistem pernafasan serta terhambatnya saluran pernafasan si bayi.

source: https://monbaby.com


Kuning (Jaundice)
Beautynesian pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit kuning ini bukan? Yups, penyakit kuning memang kerap kali dialami oleh bayi baru lahir karena penyumbatan bilirubin atau pigmen kuning di dalam darah. Jangan kaget ya Beautynesian, jika kulit dan bagian putih mata bayimu menjadi menguning. Itu merupakan efek dari penyakit kuning ini.

Pada dasarnya penyakit ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena belum berkembangnya organ hati bayi secara maksimal sehingga tidak dapat memecah zat bilirubin di dalam darah. Sebenarnya penyakit ini bukan penyakit yang berbahaya jika terjadi setelah umur bayi satu hari dan berlangsung maksimal hingga 14 hari, serta warna kuning pada kulit bayi tidak mencapai telapak tangan dan kaki bayimu. But, if it happens to your baby in other way, you should bring your baby to the doctor immediately dear!

source: https://infodiseases.com
baca juga


Batuk Pilek
Batuk pilek juga termasuk penyakit bayi baru lahir yang haru diwaspadai. Batuk pilek disebabkan oleh virus ataupun bakteri yang menginfeksi tubuh si bayi. Penyakit ini dapat disertai dengan demam dan biasanya berlangsung selama 2-3 hari.

source: http://www.parents.com


Eksim Susu
Penyakit bayi baru lahir yang harus diwaspadai selanjutnya adalah eksim susu. Eksim susu merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh bayi, yaitu munculnya bercak-bercak merah di sekitar mulutnya yang akan terasa gatal. Just a fun fact, penyakit ini dinamakan eksim susu karena mitos menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh kulit sensitive bayi yang terkena oleh ASI. But yeah, it is just a myth and the truth is so different dear!

Eksim susu biasanya disebabkan oleh hal, yaitu: faktor lingkungan seperti udara yang kotor, panas, dan berdebu; jenis kulit bayi yang tergolong kering; serta faktor keturunan, seperti adanya riwayat alergi yang dimiliki oleh orang tua maupun nenek dan kakek si bayi.

source: http://ibudanmama.com
baca juga


Ruam Popok
Ruam popok merupakan istilah untuk menyebut kondisi iritasi yaitu bercak atau kemerahan pada kulit sekitar bokong dan paha bayi. Ruam popok ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti: (1)popok bayi yang terlalu sempit atau dipakai terlalu kencang sehingga kulit sensitifnya bergesekkan dengan permukaan popok, (2)kulit bayi alergi dengan bahan popok. (3)popok bayi yang dibiarkan basah sehingga terjadi kontak langsung antara kulit bayi dengan air seni atau kotorannya untuk waktu yang lama. (4)kulit bayi alergi dengan bahan deterjen yang masih menempel di popok kain karena tidak dibilas hingga sempurna.

source: http://skincare.lovetoknow.com


Muntah
Tidak hanya anak-anak, bayi yang baru lahir juga bisa muntah lho Beautynesian! Biasanya muntah terjadi jika bayimu kekenyangan ataupun terlalu banyaknya udara pada lambungnya. Selain itu, sakit batuk pilek yang dialami oleh bayimu juga bisa menjadi penyembab ia muntah. Bayi kecilmu itu belum mengetahui cara untuk batuk tanpa ikut mengeluarkan makanan yang ia konsumsi, ataupun belum bisa membedakan dahak dengan makanan yang berada di lambungnya, sehingga ketika batuk, tidak hanya dahak yang dikeluarkan, tetapi juga makanan yang telah ia konsumsi sebelumnya, Oh, our poor lil baby.

source: http://www.newkidscenter.com