Saat ini lagi hits banget batuk pilek bahkan demam pada anak, , tidak heran sih karena saat ini sedang memasuki pergantian musim dari kemarau ke penghujan. Cuaca yang kadang-kadang panas, tiba-tiba hujan.
Yuk moms simak beberapa tips yang perlu dilakukan ketika anak terserang batuk pilek.
1. Tetap tenang
Ketika si kecil tiba-tiba terserang batuk pilek bahkan disertai demam tinggi tentu akan membuat khawatir, tapi moms tidak perlu panic atau tergesa-gesa untuk membawanya ke dokter, tetap tenang dan berikan pertolongan pertama dirumah.
 
2. Berikan ramuan tradisional


Pemberian antibiotic pada anak yang terserang batuk pilek, sebetulnya bukanlah pilihan yang bijak sebelum kita mengetahui secara pasti penyebab terjadinya batuk pilek. Jika batuk pilek terjadi akibat perubahan cuaca atau baru terkena 1 atau 2 hari, alangkah lebih baik berikan ramuan tradisional. Ramuan tradisional yang biasa saya berikan pada anak berupa larutan yang terbuat dari parutan kunyit dan kencur yang diberi tambahan madu. Jika disertai demam, balurkan ramuan yang terbuat dari parutan bawang merah yang dicampur perasan air jeruk nipis dan beberapa tetes minyak telon, tak lupa juga kompres dengan air hangat. Jika pileknya membuat hidung tersumbat, berikan uap air hangat yang diberi beberapa tetes minyak telon sehingga dapat mengurangi mampetnya.
Cara membuat ramuan tradisional;
Untuk batuk pilek, parut 1 ruas kencur dan ½ ruas kunyit seduh dengan 2 sdm air hangat, saring. tambahkan 1 sdm madu. Minum 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur.
Untuk demam, parut 1 siung bawang merah beri 1 sdm air perasan jeruk jipis dan beberapa tetes minyak telon, balurkan ke punggung, dada, perut dan telapak kaki setiap 1-2 jam.
 
3. Jemur dan beri makanan berkuah


Batuk pilek yang disertai demam seringkali berakibat hingga dehidrasi untuk itu moms harus terus menjaga asupan gizi, jangan sampai tidak makan apalagi minum. Sebisa mungkin si kecil harus terus dirayu dibujuk atau bahkan dipaksa agar tetap makan dan minum. Buatkan makanan berkuah seperti sup hangat, bakso tahu dan lain-lain.
Jika memungkin si kecil dijemur dipagi hari, serta mandikan dengan air hangat dan tak lupa istirahat yang cukup,,,
 
Selamat mencoba moms, dan semoga si kecil cepat sembuh yaa :)