Moms, pernah nggak sih debat atau berselisih paham dengan orang tua tentang pengasuhan anak? Misalnya aja nih ya, tentang pemberian makan anak. Ketika jaman dulu orang tua bebas-bebas aja ngasih makanan ke anak, sedangkan jaman sekarang pemberian makan itu sudah diatur WHO yaitu saat anak umur 6 bulan atau 180 hari. Terkadang di jaman sekarang ini masih ada aja lho orang tua jaman dulu yang ngasih makan ke cucu nya disaat belum 6 bulan, dengan dalih “Alah, dulu juga gak apa-apa kok ngasih makan ke anak sebelum 6 bulan. Jaman dulu bayi kalo udah laper ya langsung aja dikasih pisang, biskuit” . Nah loh, kalo orang tua sudah bilang begini, kita mesti gimana? Duh kadang serba salah ya moms bilangnya, apalagi kalau mertua yang bilang, jadi makin serba salah lagi bilangnya. Haha. Ya mau debat juga bingung karena kita harus hormatin nama nya orang tua, tapi disisi lain juga kita takut anak kita kenapa-kenapa kan. Dan memang kita harus memberi tau bahwa sekarang hal itu gak boleh dilakukan karena MPASI sekarang sudah ada aturannya. Kalau moms sudah ada disituasi seperti ini, mending kita jelasin deh moms secara pelan-pelan dan baik-baik ke orang tua kita atau mertua kita, kita coba beri penjelasan tapi jangan sampai berlagak seperti menggurui ya, karena bagaimana pun mereka adalah orang tua kita yang dulunya mengasuh dan mendidik kita tentunya.

Di jaman sekarang ini, sudah gak berlaku istilah “Orang tua jaman dulu begini juga gak apa-apa tuh anaknya sehat-sehat aja”. Masih ingat kan kasus anak bayi berusia beberapa hari yang diberi pisang oleh neneknya dan kemudian bayi itu gak lama meninggal dunia? Masih ingat kan kasus bayi yang diberi bubur nasi dan pisang oleh neneknya juga lantaran katanya gak tega melihat cucunya nangis seperti kelaparan? Selang waktu yang tidak lama bayi-bayi itu masuk NICU dan akhirnya meninggal tidak terselamatkan. Dan masih banyak kasus serupa yang menyebabkan anaknya bermasalah pencernaanya (iyalah pasti bermasalah, bayi belum sanggup menerima makanan kok sudah diberi makan ya). Apa rasanya mom melihat fakta-fakta itu? NYESEK LOH!!! Aku sebagai ibu, setiap baca berita tentang itu selalu nyesek banget di dada. Kebayang kan gimana perasaan orang tua nya tau anak bayinya meninggal karena diberi makan oleh neneknya sebelum waktunya? Pasti rasanya hancur dan sakit sesakit-sakitnya kan. Duh jangan sampe ya moms hal itu terjadi sama kita, semoga gak ada kasus-kasus serupa lagi. 

Mengingat beberapa kasus serupa yang terjadi di indonesia, kita seharusnya sebagai ibu jadi lebih waspada ya moms dan lebih berhati-hati ya moms. Jangan sampai lalai deh, membiarkan anak bayi kita diberi makan oleh neneknya atau orang lain begitu saja. Jadi tugas kita wajib banget memberi tau orang tua kita/neneknya si bayi bahwa ada hal-hal di jaman dulu yang memang gak bisa diterapkan di jaman sekarang, nah salah satunya ya soal pemberian makan ini. Biarlah bayi menangis karena lapar, tapi janganlah mencoba beri makanan kalau belum saatnya. Berilah ASI atau susu, karena bayi laparnya adalah membutuhkan ASI atau susu. Dan tunggulah hingga usia 180 hari atau 6 bulan untuk memberinya makanan. Again ya, semoga tidak ada lagi perdebatan kayak gini diantara ibu dan nenek atau mantu dan mertua, juga semoga tidak ada lagi kasus-kasus bayi meninggal karena diberi makan oleh neneknya sebelum waktunya. Penyesalan selalu datang belakangan, dear para nenek yang terhormat dan tercinta dimana pun berada, stop berkata “Alah, jaman dulu juga gak apa-apa tuh” yaaa :))