1. Kecambah Mentah

Nah, pantangan ibu hamil yang pertama adalah kecambah mentah. Untuk kamu yang menyukai karedok atau ketoprak yang menggunakan tauge mentah, sebaiknya kamu berpuasa memakannya selama kehamilan. Meskipun makanan ini pada dasarnya sehat, tapi jika dikonsumsi saat hamil akan memicu hal-hal yang tidak diinginkan. Kecambah mentah berpotensi mengandung banyak bakteri berbahaya. Jadi, pastikan semua makanan yang kamu konsumsi benar-benar matang agar bakteri dan kumannya hilang terlebih dahulu.
 

Waspada! Ini Dia Daftar Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil
source: https://sproutman.com/


 


2. Keju

Pantangan ibu hamil lainnya adalah keju. Untuk Moms yang suka sekali keju, sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi keju selama masa kehamilan. Sebagian besar keju lunak seperti feta, brie, Camembert, Roquefort, Gorgonzola, dibuat tanpa proses pasteurisasi atau pemanasan. Hal itu meningkatkan risiko kandungan bakteri listeria yang sangat berbahaya bagi kehamilan. Jadi, pastikan untuk mencari tahu keamanan produk keju yang sudah dipasteurisasi, atau lebih amannya, pilihlah keju keras seperti cheddar, mozzarella atau Swiss.
 

Waspada! Ini Dia Daftar Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil
source: https://www.connoisseurusveg.com/


 

baca juga


3. Daging Mentah

Selanjutnya, selalu pastikan asupan daging yang kamu konsumsi benar-benar matang. daging mentah, baik itu daging sapi, ayam, atau ikan, membawa risiko toksoplasmosis. Risiko ini berupa infeksi akibat parasit yang membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Jadi, untuk lebih amannya, hindari mengonsumsi sushi dan steak kecuali kamu benar-benar memastikan semua komponen daging di dalamnya matang.
 

Waspada! Ini Dia Daftar Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil
source: https://thecarnivorous.wordpress.com/


 


4. Alkohol

Pantangan ibu hamil satu ini sudah mutlak tidak boleh kamu konsumsi! Pastikan hindari semua minuman yang mengandung alkohol. Minuman beralkohol memberikan dampak yang sangat buruk pada kehamilan dan janin. Dampaknya dapat mengakibatkan bayi yang cacat karena gangguan perkembangan hingga keguguran. Pastikan kamu sudah mulai menghentikan konsumsi alkohol sejak awal kehamilan hingga masa menyusui.

Waspada! Ini Dia Daftar Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil
source: https://drugabuse.com/


 

baca juga


5. Kopi

Terakhir, minuman yang harus kamu hindari saat masa kehamilan adalah kopi. Kopi memiliki dampak yang kurang baik bagi janin. Hal ini disebabkan kandungan kafein yang tinggi dapat mempengaruhi detak jantung janin menjadi lebih kencang. Tidak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Kamu juga dapat mengurangi konsumsi asupan lain yang memiliki kandungan kafein tinggi seperti teh herbal, green tea, minuman berenergi, minuman bersoda, coklat, dan lain-lain.
 

Waspada! Ini Dia Daftar Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil
source: http://www.telegraph.co.uk/


Nah, itulah lima makanan dan minuman yang berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi, tetap waspada, ya! Pastikan asupan yang kamu konsumsi selalu sehat dan bergizi agar tumbuh kembang bayi dalam kandungan berjalan dengan baik.