Alat Kontrasepsi Saat Menyusui


Pada dasarnya, beragam pilihan kontrasepsi dapat digunakan oleh ibu menyusui, termasuk diantaranya pil KB. Akan tetapi, kamu perlu memastikan bahwa kandungan alat kontrasepsi yang kamu gunakan hanya mengandung progestin karena dapat dipastikan aman untuk digunakan selama masa menyusui. Sebaliknya, hindari penggunaan kontrasepsi dengan kandungan kombinasi esteron-estrogen karena berisiko menghambat produksi ASI.
 

source: http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com/


 

Pil KB Progestin


Seperti yang sudah dijelaskan, alat kontrasepsi dengan pil KB progestin sangat dianjurkan sebab dapat dengan efektif mencegah kehamilan apabila sang wanita sedang dalam periode menyusui. Akan tetapi, pastikan kamu harus dengan konsisten mengatur jadwal minum pil KB agar benar-benar efektif.

 

source: https://hellosehat.com/


Apabila kamu terlambat atau tidak teratur dalam mengonsumsi pil KB, kamu harus lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan intim. Pasalnya, apabila kamu terlambat 3 jam saja dari jadwal, maka kamu harus puasa berhubungan intim selama 2 hari. Jadi, apabila tidak disiplin, sebaiknya hindari penggunaan pil KB.

 

baca juga

Rekomendasi Pil KB Saat Menyusui


Pil KB Andalan Laktasi

Nah, khusus untuk kamu yang masih belum menemukan pil KB yang bagus untuk dikonsumsi saat menyusui, kamu sangat direkomendasikan untuk mencoba pil KB Andalan Laktasi. Selain ampuh mencegah kehamilan, pil KB ini aman untuk dikonsumsi saat menyusui karena tidak menghambat produksi ASI selama masa pemberian ASI eksklusif. 
 

source: https://www.klik-apotek.com/


 


Pil KB Exluton

Yang kedua, kamu dapat mencoba pil KB Exluton untuk mencegah kehamilan saat menyusui. Pil KB ini mengandung satu buah hormon, yaitu progestin, yang berfungsi menghambat ovulasi pada rahim. Kandungan hormon ini aman dan tidak akan mengganggu proses menyusui. 
 

source: http://cleanoz.bisnislink.com/


Nah, itulah beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui mengenai penggunaan pil KB saat masih menyusui. Semoga bermanfaat, ya!