1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah masalah pertama yang paling banyak dihadapi oleh para ibu di trimester pertama kehamilannya. Meskipun tidak selalu terjadi, mual dan muntah adalah gejala yang dihadapi oleh 9 dari 10 ibu hamil. Gejala ini biasanya muncul pada pagi dan sore menjelang malam. Karena normal terjadi, gejala ini tidak membahayakan asalkan kamu tetap dapat memastikan asupan makanan dan cairan tubuh terpenuhi dengan baik.
 

source: http://www.scarymommy.com/


 


2. Nyeri Punggung

Selanjutnya, keluhan yang sering terjadi pada kehamilan trimester pertama adalah nyeri punggung. Gejala ini terjadi akibat adanya perubahan fisik yang terjadi pada tubuh ibu hamil, khususnya pada area sekitar perut dan punggung. Nyeri ini akan terjadi terus seiring dengan perkembangan kandungan. Biasanya akan menyebabkan tidur ibu hamil menjadi gelisah dan sulit nyaman. Untuk mengatasinya, gunakanlah bantal tidur hamil dan berendam dengan air hangat. Hindari pemijatan karena dapat membahayakan kandungan.

source: https://www.republica.com/


 

baca juga


3. Mudah Lelah dan Moody

Selain itu, kondisi stamina fisik yang perlahan menurun juga membuat ibu hamil mudah sekali berubah perasaannya. Ibu hamil muda akan lebih suka berdiam diri di kamar, apalagi jika mual dan muntah sangat sulit untuk dihentikan. Serba salah dalam bergerak juga dapat mengakibatkan ibu hamil menjadi lebih mudah kehilangan mood. Karena itu, peran pasangan sangatlah penting untuk memastikan sang istri tetap berada pada kondisi terbaiknya.
 

source: http://motherhow.com/


 


4. Sering Buang Air Kecil

Terakhir, di awal kehamilannya, ibu hamil akan sering bolak balik ke kamar kecil karena selalu ingin buang air kecil. Salah satu penyebabnya adalah pembesaran ukuran rahim yang mempengaruhi posisi kantung kemih menjadi lebih tertekan sehingga mudah membuat ibu hamil merasa ingin buang air kecil.

source: http://www.nuestudio.com/


Nah, itulah beberapa masalah yang umum dihadapi oleh para ibu hamil di awal kehamilannya. Kamu tidak perlu khawatir dengan gejala-gejala tersebut karena pada dasarnya disebabkan oleh respon tubuh yang natural.