Kehamilan Pada Wanita Gemuk

Dari beragam hasil penelitian para ahli kesehatan, ditemukan bahwa wanita dengan berat badan berlebih membawa beberapa risiko saat hamil. Hal itu dimulai dari produksi sel telur yang tidak optimal hingga pertumbuhan embrio yang kurang sehat. Risiko kehamilannya pun sangat beragam, mulai dari masalah pada petumbuhan janin, plasenta yang kurang sehat, air ketuban yang minim, hingga terhambatnya aliran nutrisi dari ibu ke janin. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan singkat mengenai risiko hamil pada ibu bertubuh gemuk berikut ini :
 

source: http://ijustworkhere.blogspot.com/


 


Risiko Kehamilan Pada Ibu Gemuk

1. Terhambatnya Perkembangan Otak Janin

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh dr. Andrea Edlow dari Mother Infant Research Institute (MIRI) janin pada wanita gemuk memiliki kecenderungan mengalami masalah dalam perkembangan otaknya.

2. Kelahiran Prematur
Indeks Masa Tubuh (IMT) yang terlalu tinggi pada wanita akan mengakibatkan bayi lahir prematur atau sebelum memasuki 9 bulan masa kandungan.

3. Bayi Berisiko Terkena Jantung Atau Stroke
Tidak hanya lahir prematur, bayi yang lahir dari ibu yang kegemukan dapat lebih mudah terkena penyakit jantung dan stroke. Hal ini diakibatkan ibu hamil yang kelebihan berat badan akan lebih besar kemungkinannya memiliki bayi dengan penyumbatan pembuluh darah dalam bagian aorta perut. Inilah yang merupakan awal mula tanda fisik yang mengindikasi peningkatan risiko penyakit jantung.

4. Preeklampsia
Preeklampsia merupakan kondisi di mana tekanan darah seorang ibu hamil meningkat seiring dengan peningkatan kadar protein di dalam urin. Kondisi ini mengakibatkan pembengkakan pada area kaki dan tangan. Jika hal ini terjadi, aliran nutrisi dari ibu ke janin akan terhambat.

 

source: http://people.com/


 

baca juga


Nah, itulah beberapa risiko yang mengancam ibu hamil dengan tubuh kegemukan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan pola hidup sehat dengan mengatur menu dan waktu makan yang teratur. Jika sudah memasuki trimester kedua kehamilan, cobalah untuk rutin berolahraga agar tubuhmu menjadi lebih ideal dan sehat.
 

youtube:G-ae0s7H0Q4
source: https://www.youtube.com/watch?v=G-ae0s7H0Q4
5 Simple Tips To Lose Weight During Pregnancy.


Simaklah beberapa tips untuk mengurangi berat badan berlebih saat hamil. Pastikan untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk si kecil, ya! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.