Kuning
Kuning merupakan penyakit yang umum terjadi pada bayu baru lahir dikarenakan penumpukkan bilirubin dalam darah. Jika bayimu masih mengalami penyakit kuning yang tergolong normal, yaitu baru dialami setelah bayi berusia 1 hari, berlangsung hingga maksimal 14 hari, serta warna kuning tidak mencapai telapak kaki dan tangan bayi, sebenarnya penyakit kuning itu dapat menghilang secara sendirinya. Tetapi jika Beautynesian ingin segera mengatasinya, kamu bisa melakukan dua hal, yaitu: (1)Meningkatkan konsumsi ASI bayimu hingga 8-12 kali setiap harinya. (2)Menjemur si bayi dibawah sinar matahari pagi (pukul 7 hingga setengah 9 pagi) selama 30 menit hingga 1 jam dalam kondisi telanjang agar seluruh bagian kulit yang berwarna kuning dapat terpapar sinar matahari.

source: http://mybaby.co.id/read/perawatan-bayi/manfaat-menjemur-bayi-di-pagi-hari

Di sisi lain, jika bayimu mengalami penyakit kuning sejak ia dilahirkan dengan warna kuning yang mencapai telapak tangan dan kakinya, serta tidak kunjung sembuh setelah 14 hari, maka Beautynesian harus segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan media, baik melalui terapi sinar maupun transfusi darah.

source: https://carapedia.com/fototerapi_mengatasi_penyakit_kuning_pada_bayi_info4643.html
baca juga


Sesak Nafas
Jika bayimu terlihat sulit saat menarik nafas atau nafasnya disertai dengan batuk, itu berarti bayimu sedang mengalami sesak nafas, Beautynesian.  Sesak nafas ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari penyumbatan di saluran pernafasan akibat produksi lendir yang terlalu banyak, hingga adanya infeksi atau alegi yang menyebabkan peradangan paru-paru.
Jika bayimu sesak nafas dikarenakan penyumbatan lendir di saluran pernafasnya, kamu bisa mengatasinya dengan mengeluarkan lendir tersebut baik melalui proses penguapan, penyodotan dengan peralatan khusus, maupun dengan menepuk punggung si bayi. Namun jika bayimu tidak kunjung bernafas normal setelah diatasi dengan 3 cara tersebut atau wajah bayimu berubah menjadi kebiruan, maka Beautynesian harus segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

source: https://family.fimela.com/bayi-balita/tumbuh-kembang/3-cara-membuat-bayi-bersendawa-agar-mencegah-perut-kembung-1304032.html


Ruang Popok
Ruam popok merupakan kondisi iritasi atau kemerahan yang sering dialami oleh bayi pada kulit sekiytar area bokongnya karena pergesekkan antara permukaan popok dengan kulit bayi yang sensitif. Jika bayimu mengalami kondisi ini, pertolongan pertama yang harus Beautynesian lakukan ialah:

  • Mengoleskan salep atau krim anti ruam pada kulit bayi yang iritasi agar kulitnya dapat kembali normal.
  • Tidak memakaikan popok dengan terlau ketat. Beautynesian harus menyisakan ruang antara kulit bayi dengan popok setidaknya seukuran jari telunjukmu, sehingga ada udara yang masuk dan tidak menjadi lembab, serta pergesekkan antara kulit bayimu yang sensitif dengan permukaan popok tidak terjadi.
  • Sebaiknya kamu mengganti produk popok kemasan yang digunakan dengan brand lain atau dengan popok jenis kain.
  • Jika bayimu menggunakan popok kain, Beautynesian harus memastikan bahwa popok itu telah dicuci bersih sebelum dipakaikan pada bayimu, sehingga tidak ada partikel deterjen yang masih menempel pada popok yang terkena kulit sensitif bayi.
  • Selalu memastikan popok bayi tetap kering dan segera menggantinya jika basah agar air seni dan kotorannya tidak mengenai kulit sensitif bayi dalam waktu yang lama.
  • Ketika kamu sedang membersihkan bokok bayimu, cukup alirkan air dan jangan menggosok kulitnya yang sedang iritasi. Kemudian, untuk mengeringkannya, kamu bisa menepuk-nepuk pelan kulit bokongnya dengan kain yang lembut.

Namun, jika kulit bokong bayimu tidak kunjung membaik bahkan iritasinya semakin memburuk, seperti kemerahannya semakin meluas, terlihat melepuh, dan menjalar ke area selangkangan dan paha, maka Beautynesian harus segera membawa si kecil kepada dokter yang lebih professional.

source: http://yeastinfectiontips.net/2013/01/15/diaper-rash-yeast-treatment-2/
baca juga
source: http://www.quicktipsfornewdads.com/blog/the-quick-and-stress-free-way-to-change-your-babys-nappy-or-diaper/


Eksim Susu
Eksim susu juga sering terjadi pada bayi baru lahir lho Beautynesian. Eksim susu merujuk pada kondisi kulit bayi di sekitar area mulutnya terlihat kemerahan, kering, dan bersisik, serta menyebabkan bayi merasa gatal. Jika bayimu mengalami penyakit itu, Beautynesian perlu mengoleskan krim atau salep khusus anti ruam wajah atau ruam pipi untuk meredakan dan menghilangkan kemerahan. Kamu juga harus selalu menjaga kebersihan wajah bayi terutama bagian yang terkena eksim susu. Kamu harus segera membersihkan kulit wajah bayimu yang terkena tetesan susu dengan kain basah kemudian dikeringkan. Selain itu, sebagai pembersih kulit termasuk area wajahnya, kamu harus memilih sabun bayi yang mengandung ekstra pelembab dan bebas parfum. Tidak hanya itu, Beautynesian juga perlu melindungi kulit bayi yang terkena eksim susu dari paparan sinar matari, suhu udara atau suhu ruangan yang panas, serta kuku panjang bayimu yang dapat memperparah kondisi kulitnya jika ia tidak sengaja menggaruknya.

source: https://www.sheis.vn/bai-viet/kem-chong-nang-mexoplex-dua-con-lai-giua-vat-ly-va-hoa-hoc-283
source: http://www.babydocclub.com/cutting-your-babys-nails/


Batuk Pilek
Batuk pilek yang dialami oleh bayi biasanya disertai dengan demam. Untuk mengatasi penyakit ini, Beautynesian perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui jenis obat antibiotik yang tepat dalam menyembuhkan batuk pilek si kecil. Selain itu, jika suhu tubuh bayimu mencapai 38.5 derajat Celcius, kamu perlu memberikan obat penurun panas untuk mencegahnya mengalami kejang. Tidak hanya itu, jika bayimu tidak dapat bernafas dengan lega akibat pilek yang ia alami, Beautynesian dapat mengeluarkan cairan atau lendir dalam hidungnya melalui penyedotan dengan alat khusus, penguapan, maupun dengan menepuk-nepuk punggung bayimu dalam posisi menelungkup.

source: http://asibayi.com/arsip/nosefrida-si-penyedot-ingus/
source: https://family.fimela.com/bayi-balita/tumbuh-kembang/6-cara-ampuh-mengatasi-hidung-tersumbat-pada-bayi-1306255-page2.html


Yups, itulah 5 penyakit umum bayi baru lahir dan cara mengatasinya yang dapat Beautynesian lakukan. Yuk segera atasi dan sembuhkan bayi kita yang sakit agar ia bisa ceria kembali seperti sedia kala!

source: http://makeagif.com/gif/aydans-funny-laugh-hes-a-happy-baby-best-baby-laugh-59_mSs