Moms, menjaga kedekatan bersama anak itu penting sekali peranannya. Masih dalam moment hari ibu, tahun ini adalah momen hari ibu pertama untuk saya dan rasanya bahagia sekali. Perjalan menjadi seorang ibu memang tidak selalu mudah ya Moms, namun dengan jiwa yang kuta dan hati yang tulus, semua ujian yang datang justru membuat kita semakin dewasa dan bahagia.



Membangun bonding dengan anak dapat dilakukan dengan hal sederhana, seperti berkomunikasi yang baik dengannya. Tak perlu membahas persoalan yang rumit, tidak juga obrolan Moms-anak ini berisi nasehat melulu, obrolan ringan seputar kegiatannya di sekolah atau kejadian lucu yang si kecil alami bisa jadi bahan obrolan yang seru. Saya pribadi, meskipun Nafeesa belum bisa berkomunikasi dengan baik karena usianya yang masih 14 bulan lantas tidak membuat saya menunda menjalin obrolan hangat dengannya. Sejak masih bayi saya selalu mengajaknya mengobrol dan menceritakan apa saja yang sedang saya lakukan kepada Nafeesa, meskipun ia belum bisa menjawab namun kebiasaan melibatkan Nafeesa dalam keseharian saya memberikan dampak positif yang sangat terasa. Nafeesa menjadi sangat responsive saat diajak ngobrol atau sekedar dipanggil namanya.



Moms, di rumah bisa coba juga untuk selalu melibatkan si kecil dalam kegiatan yang kita lakukan. Jika si kecil sudah dapat berbicara dengan lancar, Mosm juga dapat mengajaknya berdiskusi untuk hal-hal kecil seperti memilih menu makanan, memilih baju dan lainnya. Dengan mengajak si kecil berdiskusi akan membantu mengembangkan emosi, keterampilan dan kecerdasan berbahasa.

Untuk working Moms yang waktunya sangat terbatas untuk berkomunikasi dengan anak, dapat mencobanya dibeberapa waktu dibawah ini:

1.SEBELUM TIDUR
Komunikasi yang dapat Moms lakukan sebelum tidur bersama anak yaitu dengan membacakan cerita yang memiliki amanat positif bagi si kecil. Hal tersebut dapat meningkatkan kosakata anak, kecerdasan bahasa, imajinasi serta menstimulus anak berpendapat atau memberi komentar saat Moms membacakan cerita tersebut. Sesekali Moms juga dapat memberikan jeda saat bercerita diselingi dengan bertanya pada si kecil tentang cerita yang Moms bacakan.


 
2.IN YOUR LEISURE TIME
Saat Moms dan si kecil sedang santai, Moms bisa mengundang si kecil untuk berdikusi atau sekedar bercerita tentang kegiatannya, atau hal-hal lain yang sedang ia sukai. Obrolan juga Moms arahkan pada hal-hal ringan tentang lingkungan sekitar rumah, hobi atau masa kecil Moms  & Dads.

Salah satu kunci berhasilnya sebuah komunikasi adalah ketika ada pendengar dan ada yang berbicara. Sebagai orangtua, kita harus belajar jadi pendengar yang baik agar sikecil merasa diakui didengar dan diakui keberadaannya.