1. Pastikan Luka Bekas Operasi Caesar Selalu Bersih dan Steril

Pada dasarnya, luka bekas operasi caesar sama dengan luka bekas operasi lain. Untuk memastikan pemulihan dapat berjalan dengan baik, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan area luka operasi dengan baik. Hindari kontak dengan hal-hal kotor dan mengandung bakteri karena dapat mengakibatkan infeksi. Untuk itu, cobalah untuk rutin membersihkan area bekas luka dengan menggunakan cairan antiseptik serta antibiotic yang telah diberikan dokter.
 

source: https://obattradisionaljamurkulitdiapotik.wordpress.com/


 


2. Hindari Penggunaan Pakaian Yang Ketat.

Saat kamu ingin melakukan pemulihan luka bekas operasi, pastikan kamu selalu menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Jangan gunakan perban ketat, apalagi ditambah dengan pakaian yang ketat. Hal ini penting agar luka tidak mudah teriritasi. Pakaian longgar juga akan membuat kamu lebih nyaman dengan sirkulasi udara yang lebih baik.
 

source: http://www.foxnews.com/


 

baca juga

3. Lakukan Olahraga Ringan

Setelah kamu mampu bergerak dengan baik, cobalah untuk mulai melakukan olahraga ringan. Olahraga ini penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Jalan pagi dan sore santai dapat menjadi pilihan kamu untuk membantu proses penyembuhan serta mencegah konstipasi serta penggumpalan darah. Akan tetapi, jangan lakukan olahraga yang membutuhkan kerja keras otot perut, ya! 
 

source: https://www.pinterest.com/


 


4. Perawatan Rutin Dari Dalam Dengan Makanan Sehat

Terakhir, selain kamu harus memperhatikan kebersihan luka dari luar, kamu juga harus aktif mendukung kerja tubuh dalam pemulihan bekas operasi dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Menu makanan yang disarankan adalah makananh makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin C serta protein kompleks seperti gandum utuh yang dapat berupa sereal ataupun roti gandum untuk sarapan. Selanjutnya, untuk makan siang dan malam, perbanyak konsumsi protein dan beta karoten yang dilengkapi mineral, zinc, dan juga vitamin.
 

source: http://mom.girlstalkinsmack.com/


Nah, itulah empat hal yang dapat kamu lakukan agar luka bekas operasi caesarmu segera pulih seperti sedia kala. Selamat mencoba, Moms!