Pasca Operasi Caesar


Setelah kamu menjalani persalinan dengan proses operasi caesar, kamu akan membutuhkan waktu untuk pemulihan tubuh dan bekas luka. Itulah sebabnya, dokter akan memberikan saran mengenai kapan waktu yang tepat untuk hamil lagi.
 

source: http://infosehatwanita.com/


Hal yang harus kamu ingat saat mempertimbangkan jarak kehamilan setelah melakukan operasi caesar adalah proses pemulihan yang tidak sebentar. Operasi caesar yang dilakukan dengan pembedahan membuat luka tidak hanya pada perut, tetapi juga rahim. Jadi, memastikan seluruh tubuh pulih adalah hal yang penting untuk merencakan kehamilan selanjutnya setelah operasi caesar. 
 

Waktu Yang Tepat Untuk Hamil Kembali


Setelah kamu memahami pentingnya proses pemulihan luka bekas operasi caesar, kamu akan dapat lebih memahami mengapa kehamilan setelah operasi caesar memang harus diberikan jarak yang cukup. Berikan kesempatan untuk bagian tubuhmu, khususnya organ reproduksi untuk benar-benar kembali pulih. Umumnya, seorang ibu yang baru saja melakukan persalinan dengan proses operasi caesar akan diperbolehkan untuk hamil lagi setelah 18-14 bulan. Meskipun lama, waktu ini dianggap ideal untuk memastikan kehamilan kamu selanjutnya akan berjalan dengan baik dan sehat. 
 

source: http://infosehatwanita.com/


 

baca juga

Mengapa Selama Itu?


Mungkin sebagian dari para ibu dan ayah akan bingung dengan periode waktu sekitar 2 tahun yang cukup lama. Akan tetapi, hal ini penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya :

1. Ibu Anemia
Ibu yang melahirkan dengan proses operasi caesar akan kehilangan darah dalam jumlah yang sangat banyak. Itulah sebabnya, penting bagi kamu untuk memastikan ibu sudah benar-benar pulih dengan banyak mengonsumsi asupan zat besi setelah operasi caesar.

2. Komplikasi Kehamilan
Kondisi tubuh ibu yang masih belum pulih dapat berisiko mengakibatkan komplikasi pada kehamilan setelah operasi caesar. Hal-hal yang dapat terjadi diantaranya adalah rahim pecah atau bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

 

source: https://hellosehat.com/


Nah, itulah beberapa hal terkait kehamilan setelah operasi caesar. Sebenarnya, hal ini juga dapat diterapkan pada ibu yang melahirkan normal. Harapannya adalah untuk menjamin kondisi ibu agar kehamilan selanjutnya tidak akan berisiko, baik itu untuk janin maupun untuk ibu.