1. Payudara Mulai Terasa Nyeri

Saat hamil, hormon akan bekerja menyiapkan payudaramu yang nantinya digunakan untuk menyusui si kecil. Perubahan payudara ini terjadi sejak awal kehamilan. Biasanya, di trimester pertama kehamilan, kamu akan merasa payudaramu menjadi lebih lembut, serta terasa lebih sensitif. Meskipun begitu, rasa nyeri juga kadang timbul akibat kelenjar susu yang mulai aktif perlahan. Pastikan untuk selalu memeriksa ukuran payudaramu agar dapat terus menyesuaikannya dengan bra.
 

source: https://www.thebump.com/


 


2. Ukuran Perut Mulai Membesar

Pada dasarnya perubahan ukuran perut tiap ibu berbeda satu sama lain. Akan tetapi, sebagian ibu hamil sudah merasakan perutnya mulai mengeras dan membesar pada saat hamil muda atau di trimester pertama kehamilan. Hal ini normal terjadi karena terdapat perubahan bentuk dan aktivitas dalam rahim yang tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan janin.
 

source: https://littlesquatterchronicles.wordpress.com/


 

baca juga


3. Perubahan Kulit

Kerja hormon pada ibu hamil sangat mempengaruhi banyak hal terutama dari segi fisik. Yang paling terlihat saat hamil muda adalah perubahan kulit yang cukup signifikan. Perubahan ini sebenarnya tidak menentu. Sebagian ibu akan mengalami pregnancy glow yang membuat wajahnya terlihat lebih bercahaya dan cerah saat hamil. Akan tetapi, tidak jarang pula wajah ibu hamil menjadi lebih berminyak atau bahkan berjerawat.
 

source: https://www.bellybelly.com.au/


 


4. Perubahan Pada Vagina

Di awal kehamilan, vagina kamu juga akan mengalami perubahan, seperti penebalan dindingnya dan menjadi kurang sensitif. Sebagian ibu hamil juga mengalami keputihan dan perdarahan ringan (bercak darah). Kamu tidak perlu khawatir sebab hal ini biasa terjadi di awal kehamilan. Bercak darah pada awal kehamilan ini adalah tanda bahwa sel telur yang telah dibuahi berhasil menempel pada dinding rahim. Akan tetapi, apabila pendarahan terjadi dalam waktu yang lama dengan volume darah banyak disertai rasa sakit dan kram, segera konsultasikan pada dokter.
 

source: http://pregnancy.lovetoknow.com/


Nah, itulah beberapa perubahan bentuk tubuh yang akan kamu rasakan saat hamil muda. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan hal-hal tersebut karena memang itulah yang biasa terjadi. Semoga kehamilanmu berjalan dengan lancar, ya!