Kompres Perut Dengan Air Hangat

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi adalah dengan mengompres perut dengan menggunakan air hangat. Berikut adalah cara mengompres perut dengan air hangat saat menstruasi yang benar :

  • Gunakan kantung karet untuk kompres badan. Kemudian isi kantung tersebut dengan air hangat.
  • Jika kamu tidak memiliki kantung karet, kamu dapat menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat.
  • Lakukan pemijatan perlahan sambil mengompres perut untuk membuat otot sekitar rahim menjadi lebih rileks.
source: https://www.everydayhealth.com/


Mengompres perut dengan air hangat mampu membuat otot perut sekitar rahim menjadi lebih rileks. Selain itu, darah juga akan menjadi lebih lancar mengalir sehingga rasa nyeri dan kram dapat hilang.
 


Pemijatan Area Perut

Apabila kamu sulit mendapatkan air hangat, kamu dapat mencoba untuk melakukan pemijatan ringat pada area perut bagian bawah. Pemijatan ini dilakukan dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Saat memijat, disarankan untuk menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih untuk memberi efek hangat sekaligus membuat perut kamu menjadi lebih rileks.
 

source: http://www.organicauthority.com/


 

baca juga


Minum Minuman Hangat

Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi minuman hangat saat nyeri menstruasi menyerangmu. Dengan mengonsumsi minuman hangat, bagian dalam perutmu juga akan menghangat sehingga otot-ototnya menjadi lebih rileks dan nyaman. Minuman hangat yang direkomendasikan untuk menjadi obat saat nyeri menstruasi adalah jahe hangat, susu, dan air madu. Ketiganya juga dapat digabungkan untuk rasa yang lebih enak dan menenangkan.
 

source: https://www.vemale.com/


 


Mandi Air Hangat

Terakhir, apabila memungkinkan, cobalah untuk mandi dengan menggnakan air hangat untuk merelaksasi otot di seluruh tubuh yang kaku dan tegang karena nyeri menstruasi. Akan tetapi, pastikan setelah mandi, kamu segera menggunakan pakaian tebal dan hangat serta mengoleskan minyak telon atau kayu putih agar perutmu semakin hangat. Apabila nyeri berkurang, upayakan untuk tidur dengan posisi tubuh senyaman mungkin.
 

source: https://www.crazyask.com/


Nah, itulah beberapa tips mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Jika tidak terdesak, hindari mengonsumsi obat-obatan karena dapat berdampak buruk pada organ reproduksi kamu. Jadi, gunakan cara-cara alternatif yang dijamin ampuh agar kram dan nyeri menstruasi hilang.