Vagina dan Saluran Kemih

Setelah melahirkan, bagian tubuh yang paling akan terasa berubah adalah vagina dan saluran kemih. Untuk vagina, kamu akan merasakan otot yang lebih meregang dan sensitif, ditambah lagi dengan masa nifas yang membuat area vaginamu lebih banyak kontraksi. 

Setelah masa nifas selesai (sekitar 3-4 minggu), kamu akan dapat kembali melakukan gubungan seksual dengan pasanganmu. Akan tetapi, jika kamu memberikan ASI eksklusif, vaginamu akan menjadi sedikit lebih kesat sehingga kamu akan membutuhkan bantuan pelumas. 
 

Moms, Yuk Kenali Apa Saja Perubahan Fisik Setelah Melahirkan
source: https://www.weareverincontinence.com/


Untuk kantung kemih, biasanya kamu akan menjadi lebih sulit menahan buang air kecil akibat terjadinya inkontinensia post-partum. Ini terjadi akibat saraf pada vagina mengalami mati rasa. Hal ini terjadi pada wanita yang melakukan proses persalinan normal maupun sesar. Biasanya akan kembali seperti sediakala dalam waktu beberapa hari atau minggu.
 


Perut

Pada dasarnya, perut memang akan kembali ke ukuran normal setelah melahirkan, akan tetapi tiap wanita mengalami proses pengembalian yang berbeda-beda. Otot perut yang merenggang dapat kembali kencang, akan tetapi lapisan lemak pada sela-selanya perlu untuk diupayakan agar hilang dengan rutin melakukan olahraga. Tidak hanya itu, kemunculan stretchmark pada bagian kulit perut juga akan terlihat. Namun, ini dapat diatasi dengan pengolesan minyak zaitun secara rutin selama masa kehamilan.

 

Moms, Yuk Kenali Apa Saja Perubahan Fisik Setelah Melahirkan
source: http://www.momjunction.com/


 

baca juga

Payudara

Selanjutnya, payudara juga akan mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan rona merah, bengkak serta rasa sakit dan nyeri akibat kelenjar susu yang penuh. Akan tetapi seiring dengan proses menyusui yang teratur, rasa nyeri akan berangsur-angsur berkurang. Meskipun terlihat besar dan kencang saat menyusui, kamu tetap harus mewaspadai bentuk payudara yang akan kendur setelah menyusui. Itulah sebabnya perhatikan dengan rinci metode atau cara menyusui yang tepat agar tidak mengubah bentuk payudaramu secara signifikan.
 

Moms, Yuk Kenali Apa Saja Perubahan Fisik Setelah Melahirkan
source: https://www.mnn.com/


 


Kaki

Pembengkakan kaki yang juga populer dengan gejala edema ini juga lumrah terjadi setelah melahirkan. Saat melahirkan, rahim mendorong aliran darah sehingga beredar ke seluruh tubuh termasuk kaki. Ditambah lagi dengan asupan cairan infus saat melahirkan yang pada akhirnya menumpuk pada kaki dan tangan. Untuk itu, persiapkn sandal yang nyaman untuk dipakai saat setelah melahirkan.
 

Moms, Yuk Kenali Apa Saja Perubahan Fisik Setelah Melahirkan
source: https://hellomrdoctor.com/


 

baca juga


Rambut dan Kulit

Setelah melahirkan banyak para ibu merasa rambutnya menjadi sangat mudah rontok akibat proses kerja hormon dalam tubuh. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir sebab rambut yang rontok akan kembali tumbuh normal setelah hormon dalam tubuhmu kembali seperti sediakala. Begitu pula dengan kulit yang menjadi lebih mudah kusam dengan kantung mata yang terjadi akibat kelelahan setelah melahirkan dan mengurus bayi.
 

Moms, Yuk Kenali Apa Saja Perubahan Fisik Setelah Melahirkan
source: https://www.clarkscondensed.com/