Yes I know sekarang sudah masuk musim liburan dan mugkin banyak yang mau liburan ke luar negeri, untuk merasakan salju dan winter. Di instagram pun beberapa pesan masuk dan tanya
"Korea brp derajat mom skr?"
"Pakai baju berapa lapis?"

Atas dasar pertanyaan itu, saya ingin berbagi perlu berapa baju sebenarnya untuk musim dingin. 
Catatan: saya tinggal di negara Korea Selatan bagian bawah yang dinginnya sekitaran -4 atau -5 derajat celcius terdingin di bulan Desember. Namun kalau main ke Seoul, bagian utara bisa mencapai -10/-11 derajat celcius.
                                     

1. Longjohn atau dalaman
Saya nggak tahu bener atau nggak tulisannya, tapi longjohn ini merupakan pakaian dalam tipis dan sedikit strech. Walau tipis, namun bisa bikin hangat karena bahannya berbeda (tahan angin, bla bla bla, saya nggak terlalu tahu) Buat saya ini penting banget. Anak saya pny 3 set karena namanya anak-anak ya sering gonta ganti baju karena kotor, dll. Kalau saya sih cukup 2 set saja, dipakai 3-5 hari baru cuci, hehehe. Bisa ditemukan di Uniqlo (cari yg seri heattech), di ITC yang menjual khusus baju2 dingin, dan di online shop juga banyak ternyata. 

2. Baju dan celana
Baju dan celana tentu panjang dan kalau bisa bawa baju n celana yang berbahan tebal sebab musim dingin itu dingin bukan karena salju namun karena anginnya bertiup bisa menusuk tulang. Disarankan pakaian yang tebal itu semacam model2 rajut atau yang dalam berbulu, ada lapisan hangatnya. Oh iya kalau dapat baju baju turtle neck itu salah satu keuntungan karena anaknya belum tentu mau pake syal sehingga bisa membantu menutupi lehernya. 

Sama seperti baju, celana juga kalau bisa dalemnya ada semacam bulu-bulu sehingga hangat. Celana jeans/kulit/legging yang tebal juga bisa jadi salah satu alternatif.

                           

3. Rompi
Untuk rompi nggak wajib ada tetapi karena kita tinggal di sini dan melalui musim dingin yg panjang, mulai bulan Oktober sampai kira-kira April (dari sejuk-dingin-sejuk lagi), makanya beli rompi ini sebab dipakai untuk di dalam rumah atau di daycare.

4. Jaket
Anak saya punya banyak jaket dari tipis sampe tebal, bahkan saya saja kalah dengan dia. Hehehe... Namun ternyata kalau dinginnya sampai minus seperti ini, cukup punya jaket tebal saja sebab ternyata semuanya hampir tidak terpakai.
Pertama, saya beli jaket yang merah. Saya pikir ini cukup tebal jadi pikirnya tidak akan beli lagi. Tetapi ternyata kata papanya ini kurang tebal dan hangat karena di daerah kita bisa sampai -8 nanti. Akhirnya dibeliin satu lagi, jaket goosedown.
Apa itu? Jadi tipe jaket ini dalamnya ada bulu angsa sehingga tebal dan hangat. Jadi kalau pergi ke negara-negara dengan dingin luar biasa, sebaiknya mencari tipe jaket "goose down" ini. Sekilas buat kita sebenarnya nggak ada bedanya dengan jaket tebal biasa. Tapi ciri yang melekat adalah bahannya lebih tebal dan empuk, kadang kalau habis dipakai keluar bulu 1-2 helai dan dan untuk harganya wow, bisa menyentuh angka jutaaan rupiah.
Untuk anak, saya belikan yang kondisi bekas biar hemat karena namanya anak-anak cepat besar. Kalau setiap tahun harus beli baru 1 pcs lumayan jugaa yaaa.

Nah ini enaknya salah satu keuntungan sih di Korea Selatan, secondhandnya banyak yang bagus dan harganya super miring. Saya pribadi sih nggak terlalu keberatan dengan baju bekas asal dicuci ulang bersih dan disortir lagi (yang jelek2 dibuang)

Bagian terakhir adalah pelengkapnya alias aksesoris hehehe. Kalau bisa pinjem sih, saya sarankan untuk traveling, aksesoris ini pinjam saja, soalnyaaaaaaa anaknya belum tentu mau pakeeee kayak anak saya. GRRRR.ūü§£

                               

5. Sepatu dan kaoskaki
Untuk sepatu saya sarankan cari yang model agak tinggi kayak boots. Kalau berbahan bulu lebih bagus lagi karena hangat. Kaki penting banget soalnya karena kalau kaki dingin badan cepat dingin juga cepat sakit. Kaoskaki juga yang tebel yaa :)

6. Syal, sarung tangan dan topi
Inii 3 benda yang masih  jadi PR dipakaikan ke anak saya. Topinya bahannya yang rajut bahan yang tahan air. Sebisa mungkin menutup kuping biar kupingnya terlindung dari dingin.

Lalu, untuk sarung tangan itu saya beli 2 model. Awalnya beli yang model jari-jari dan ternyata salah besar! Ribet banget dipakaikan ke anak. Bayangkan mom, lagi pakaiin sarung tangan ke anak, masukin jari satu per satu pada cuaca dingin menggigil, lalu anaknya berontak nggak mau pakai. Super rempong! hehehe. Makanya saya beli model satu lagi yang nggak pake jari-jari, mirip sarung tangan untuk bayi yang baru lahir.

Terakhir, syal yang menurut saya ini opsional sebab belum tentu anaknya mau pakai. Kalau anaknya tidak suka pakai, bisa diakalin dengan baju turtle neck atau juga kancingin jaketnya sampe ke atas karena biasanya jaket winter bisa ditutup sampai ke leher.

Nah belinya dimana ya semuanya ini?
1. Onlineshop
Banyak bgt yaaa onlineshop dari shopee, tokped, instagram
2. Toko h&m, zara, uniqlo, dan di lotte avenue ada satu toko yang jual winter2 outfit. Di ITC juga banyak toko yang jual.
3. Kalau bisa yang nggak penting2 minjem aja deh moms.

Nah kira-kira ini perlengkapan "perang" musim dingin. Semoga bisa jadi bayangan untuk para moms ya butuh berapa baju untuk berlibur ke negara yang dingin. Jangan lupa sebelum berangkat, cek suhu di negara tersebut supaya bisa disesuaikan juga dengan bawannya.
Selamat berlibur!