1. Makan Teratur

Sudah pasti salah satu cara agar tetap langsing saat hamil adalah dengan makan teratur. Itu penting banget lho, untuk menjaga berat badan tetap ideal. Men-skip satu sesi makan hanya akan membuat kamu makan jauh lebih banyak pada sesi makan berikutnya. Sebaiknya makan malam enggak lebih dari pukul 20 ya, Moms!

source: https://mencegahpenyakit.com/cara-meningkatkan-nafsu-makan-ibu-hamil/

Oh iya, jangan lupa juga untuk makan dengan sadar, jangan sambilan dengan kegiatan lain, main HP misalnya. Kunyahlah makanan dengan sempurna, sehalus mungkin baru ditelan. Hal ini akan membuatmu relatif lebih cepat kenyang sehingga enggak makan berlebihan.

2. Ngemil Sehat

Meski sedang hamil dan ngidam makanan tertentu, jangan lantas membuatmu terus-terusan makan makanan yang enggak sehat melulu. Misalnya nih, kamu hamil lalu ngidam junk food, setiap waktu cemilan kamu selalu junk food. Selain kurang baik bagi kesehatan, makanan sampah seperti itu hanya akan membuat badanmu makin melar.

source: http://infosehatwanita.com/masa-kehamilan/pola-makan-yang-disarankan-untuk-ibu-hamil-26132017.html

Jadi sebaiknya, perbanyak makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain membuat tubuhmu sehat dan tetap langsing, kedua jenis makanan itu juga bikin wajahmu tetap segar lho, Moms.

baca juga

3. Tetap Beraktivitas

Mentang-mentang hamil lalu jadi manja? Males ngapa-ngapain dan maunya gegoleran aja di kasur? Wah, jangan dong Moms! Kecuali kamu masih mengalami morning sickness atau kehamilanmu dinyatakan bermasalah oleh dokter sehingga butuh ​​​bedrest, sebaiknya kamu tetap beraktivitas seperti biasa.
 

source: http://www.obatibuhamil.com/aktivitas-yang-boleh-dan-tidak-boleh-untuk-ibu-hamil/

Hamil itu bukan penyakit kan? Jadi kamu tetap saja boleh beraktivitas, hanya saja porsinya lebih ringan. Jadi, jangan sampai terus jadi angkat-angkat beban berat juga. Yang ada bukannya sehat, malah memunculkan masalah baru dalam kehamilanmu.

4. Olahraga

Jangan salah, olahraga juga boleh dilakukan oleh ibu hamil lho. Bahkan ibu hamil tetap dianjurkan berolah raga supaya tetap sehat, bugar, plus menjaga berat badan. Bonusnya lagi, dengan rajin berolah raga, akan melancarkan proses persalinanmu kelak. Multi manfaat bukan?

source: https://dedaunan.com/inilah-8-gerakan-senam-ibu-hamil-yang-aman-untuk-dilakukan/

Jangan lupa, pilih jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil. Berenang, joging dan yoga adalah tiga jenis olahraga yang relatif aman untuk wanita hamil. Oh iya, memasuki bulan ketujuh kehamilanmu, sebaiknya kamu mengikuti kelas senam hamil ya, supaya persalinanmu lancar.

baca juga

5. Hamil Bukan Berarti Makan untuk Dua Orang

Selama ini mungkin kamu sering terjebak persepsi bahwa hamil sama dengan makan untuk dua orang. Memang selama hamil kebutuhan gizimu akan bertambah, tetapi bukan berarti porsi makanmu juga harus bertambah dua kali lipat. Bayi itu bukannya masih kecil banget ya, Moms?

source: https://www.lebahmaster.com/10-makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda/

Sebaiknya kamu makan dengan porsi yang biasa, bahkan lebih sedikit dari biasa. Hanya saja, frekuensinya yang perlu ditambah. Makanlah sedikit-sedikit tapi sering. Terlalu banyak makan dalam satu waktu hanya membuat kamu berpotensi mengalami heartburn, yakni perasaan enggak nyaman seperti terbakar mulai dari ulu hati sampai tenggorokan. Jadi sebaiknya, hindari makan berlebihan ya, Moms!

Tuh kan, Moms! Ternyata saat sedang hamil sekalipun, kamu tetap bisa menjaga berat badan agar tetap langsing. Yang perlu diingat, langsing di sini bukan berati kurus lho, Moms. Sepanjang kehamilanmu dinyatakan sehat oleh dokter, enggak usah terobsesi untuk kurus atau memiliki berat badan seperti saat belum hamil. Semoga selalu sehat selama kehamilan ya, Moms!