1. Takut Sakit

Alasan utama anak yang takut disuntik adalah takut sakit. Memang benar enggak sih, Moms? Jarum itu kan memang tajam ya, jadi wajar anak takut karena ditusuk jarum pasti sakit. Meski sebenarnya rasa sakitnya cuma kayak digigit semut sih, bagi anak kecil hal itu cukup menakutkan lho, Moms. 

source: http://www.friendshipcircle.org/blog/2010/11/22/autism-goes-to-the-doctor/

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Moms jangan mengecilkan perasaan takut mereka. Jangan sampai Moms malah mengatakan, "Gitu aja kok takut sih, Kak? Cuma kayak digigit semut doang." Sebaiknya, Moms perlu mengakui dan menerima perasaan takut mereka, dengan berkata, "Memang disuntik agak sedikit bikin kaget, Kak. Tapi cuma sebentar saja kok sakitnya. Coba dulu ya." Intinya, empati sangat perlu dalam menghadapi ketakutan anak. 

2. Belum Terbiasa dengan Orang Asing

Kalau melihat jarum suntik saja sudah membuat anak keder, apalagi jika ditambah fakta bahwa mereka akan disuntik orang yang sama sekali asing baginya. Hal ini tak jarang membuat mereka menangis histeris saat akan disuntik. Apalagi kalau dokter yang melakukan suntik pada anak bukan jenis dokter yang ramah anak. Memang wajar kalau anak jadi takut dan menolak disuntik.

source: http://www.superkidsindonesia.com/for-parent-343-ya-nak-suntik-itu-sakit.-tapi%E2%80%A6.html

Sebaiknya Moms selalu mendampingi si kecil saat akan disuntik. Moms bisa memangku dan memegangi badannya supaya si kecil merasa jauh lebih nyaman. Jangan sampai Moms menganggap ketakutan anak sebagai sesuatu yang berlebihan ya, Moms.

baca juga

3. Sering Ditakut-takuti

Penyebab lain anak menjadi takut disuntik karena orangtua atau orang dewasa lain di sekitar anak, misalnya kakek-nenek, om-tante, atau tetangga-tetangga sering menakut-nakuti anak dengan kata suntik. Orang dewasa yang sering mengancam anak, misal dengan berkata, "Hayo, kalau nakal nanti Mama bawa ke dokter aja, biar disuntik ya!" secara tidak sadar telah menanamkan persepsi bahwa suntik itu menyakitkan sekaligus menakutkan. Akibatnya jelas saja, anak makin takut disuntik.

source: https://www.youtube.com/watch?v=f-e14fMBpVA

Jadi sebaiknya, mulai sekarang, jangan pernah lagi mengancam anak dengan kata-kata itu ya. Profesi apapun, seperti halnya dokter, polisi, atau tentara, biasanya selalu menjadi subjek orang dewasa untuk menakut-nakuti atau mengancam anak. Padahal, tahukah Moms bahwa ancaman itu akan membekas di hati anak? Sebaiknya hentikan mulai sekarang ya, Moms.

Nah, itu dia tiga alasan yang mungkin menyebabkan si kecil takut disuntik. Kalau sudah tahu penyebabnya, semoga Moms bisa segera mengatasi ketakutan si kecil saat akan disuntik ya. Karena sebenarnya, suntik itu juga diperlukan untuk kesehatan si kecil. Semoga si kecil tidak takut disuntik lagi ya, Moms!