1. Positive Thinking

Ibu baru lalu mengalami cemas terhadap banyak hal itu wajar. Yang enggak wajar adalah kalau kamu selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang sebenarnya belum tentu terjadi, dan hal itu telah menguras habis pikiranmu sehingga membuatmu selalu bersedih. Sebaiknya kamu memang melakukan persiapan matang sebelum merencanakan kehamilan dan melahirkan sehingga enggak terlalu cemas terhadap kemungkinan yang belum terjadi. Jadi Moms, positive thinking saja kalau semuanya bisa kamu lalui dengan baik.

source: http://www.sheknows.com/parenting/articles/819215/Why-moms-choose-to-breastfeed

2. Support System

Support system yang baik akan membuatmu merasa nyaman dengan kehidupanmu pasca melahirkan. Memang menjadi ibu baru itu enggak selalu mudah, Moms. Tapi dengan support system yang baik kamu akan lebih mudah melalui segala tantangan menjadi ibu baru. Dalam hal ini, dukungan suami dan keluarga sangat penting untuk pemulihanmu pasca persalinan. Memiliki suami dan keluarga yang suportif akan membuatmu bahagia dan kebahagiaan itu akan terwujud dalam perhatianmu bada bayi kecilmu.

source: http://rockingmama.id/post/dari-suami-siaga-menjadi-papa-siaga-ini-yang-harus-papa
baca juga

3. Istirahat dan Rileks

Siapa bilang jadi ibu enggak perlu me-time? Pekerjaan sebagai ibu adalah pekerjaan yang sangat menguras tenaga juga pikiran sehingga para ibu sangat membutuhkan me-time supaya tetap waras. Jadi enggak ada salahnya mengambil me-time sederhana seperti ikut tidur saat si kecil tidur, mandi agak lama sementara si kecil sedang bersama ayahnya, atau sekedar diberi waktu untuk bisa makan dengan tenang. Hal itu tentu bisa mengembalikan kewarasanmu setelah melahirkan yang tentunya sangat melelahkan.

source: http://www.koalakin.com/blog/general/relax-breastfeeding/

4. Berdoa

Masa-masa setelah melahirkan memang menjadi masa yang rawan stress. Tekanan dari sana-sini kalau tidak dihadapi dengan hati lapang sangat berpotensi membuatmu mengalami baby blues. Untuk itu, jangan pernah biarkan pikiranmu kosong. Perbanyak aktivitas berdoa kepada Tuhan supaya Dia memberimu kekuatan menjalani masa yang tidak terlalu mudah ini.

source: http://budayacenters.blogspot.co.id/2016/07/tips-mempersiapkan-kelahiran-normal.html
baca juga

5. Berkomunitas

Dukungan komunitas juga penting lho, untuk kewarasan hidupmu, Moms. Pilihlah komunitas yang sekiranya memiliki visi misi yang sama denganmu supaya mereka bisa menjadi salah satu support system yang membantumu bangkit dari masa-sa sulit setelah melahirkan. Kebanyakan ibu yang mengalami baby blues syndrome ini memiliki lebutuhan untuk didengar namun tidak ada yang bisa mendengarkan keluhan mereka. Maka dengan berkomunitas, kebutuhan untuk didengar dan mendengarkan ini akan terakomodasi dengan baik.

source: https://www.mom365.com/

6. Konsultasi Kepada Ahli

Jika gejala baby blues syndrome yang kamu alami sudah berlangsung lebih dari dua pekan, bahkan semakin parah hingga berbulan-bulan kemudian, dan segala cara tadi sudah kamu lakukan namun belum membuahkan hasil, kamu harus segera menemui psikolog atau psikiater yang akan menangani depresimu lebih lanjut. Psikiater mungkin akan meresepkan antidepresan supaya bisa mengobati depresimu yang semakin parah. Hal ini karena depresi adalah hal yang sangat berbahaya jika sampai mengancam keselamatan jiwamu atau bayimu, Moms.

source: http://www.minddisorders.com/Ob-Ps/Psychologist.html

Nah, itu dia enam cara supaya kamu bisa segera lepas dari baby blues syndrome. Intinya, jangan sampai dibiarkan hingga berlanjut para menjadi depresi pasca melahirkan selanjutnya yang pastinya akan sangat berbahaya bagi kesehatan jiwamu dan keselamatan bayimu ya, Moms.