1. Baby Blues Syndrome

Jenis pertama dari depresi pasca melahirkan adalah baby blues syndrome. Jenis kesedihan pasca melahirkan ini biasanya hanya berlangsung singkat, maksimal selama dua pekan. Jika Moms mengalami baby blues syndrome, biasanya Moms akan merasa kesedihan yang tidak jelas dari mana asalnya. Mendadak Moms menjadi sangat tidak bersemangat melakukan apapun, termasuk mengurusi si kecil. Hal ini karena Moms merasa tidak berdaya dan merasa gagal jadi ibu. Selain itu, biasanya Moms menjadi susah tidur karena memikirkan banyak hal. Penyebab baby blues pada ibu yang habis melahirkan biasanya karena perubahan hormon yang begitu cepat, atau kurangnya support system dari lingkungan terdekat ibu.

1. Baby Blues Syndrome
source: http://www.katalogibu.com/tips-bunda/moms-ini-lho-tanda-tanda-baby-blues-syndrome.html

2. Post Partum Major Depression

Jenis depresi pasca melahirkan yang kedua ini, kondisinya lebih parah dari baby blues syndrome. Post partum major depression biasanya berlangsung dua pekan sampai berbulan-bulan pasca melahirkan. Jadi hati-hati, kalau Moms mengalami kesedihan berkepanjangan selama berbulan-bulan atau tahunan, karena bisa jadi Moms mengalami post partum major depression. Tanda-tandanya lebih ekstrem dari baby blues, karena Moms bisa jadi merasa sedih, tak berdaya, tak berguna, merasa gagal jadi ibu, tidak bisa tidur, kehilangan gairah seksual, kehilangan semangat melakukan apapun, bahkan sampai berkeinginan untuk mencelakakan si bayi.

2. Post Partum Major Depression
source: http://www.psychbytes.com/postpartum-depression-understanding-the-basics/
baca juga

3. Post Partum Psychosis Depression

Jenis depresi ketiga ini sama parahnya dengan jenis kedua, karena juga berlangsung lama. Lebih dari dua pekan sampai bulanan bahkan tahunan. Pada post partum psychosis depression biasanya ditambah dengan gejala halusinasi, atau seperti ada bisikan-bisikan gaib yang menyuruh Moms melakukan sesuatu, seperti mencelakai bahkan membunuh bayi. Moms merasakan susah tidur, kalau tidur selalu bermimpi buruk, pokoknya membahayakan sekali bagi kesehatan jiwa Moms. Jika sudah seperti ini Moms harus segera cari bantuan ya.

3. Post Partum Psychosis Depression
source: http://lifestyle.kompas.com/read/2016/10/05/130500623/3.fase.depresi.pasca-kelahiran.yang.bisa.memicu.ibu.mutilasi.bayinya?page=all

Nah, setelah mengatahui 3 jenis depresi pasca melahirkan, semoga Moms bisa mewaspadainya dan kalau ternyata mengalami, semoga segera bisa menanganinya ya, Moms. Karena tentu, depresi pasca melahirkan ini kalau tidak segera ditangani akan berbahaya bagi Moms dan juga si kecil.