1. Sedih dan Mudah Menangis

Setelah melahirkan, tiba-tiba kamu merasa sangat sedih dan mudah menangis. Hal sekecil apapun sudah bisa mengusik perasaanmu hingga air mata itu mudah sekali mengalir. Keadaan ini diperparah jika lingkungan sekitarmu sama sekali tidak memberi dukungan yang proporsional, malah memberimu komentar pedas yang pastinya membuatmu semakin sedih berkepanjangan.

1. Sedih dan Mudah Menangis
source: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/penyakit-mental/5-cara-mengatasi-depresi-postpartum-setelah-melahirkan/

2. Tidak Bersemangat Merawat Diri

Setelah melahirkan, kok rasanya makin malas merawat diri. Jangankan kembali ber-make up lengkap, sekedar mandi dan ganti baju saja rasanya sudah malas sekali. Hati-hati Moms, jangan-jangan kamu mengalami depresi pasca melahirkan. Memang perempuan yang mengalami stress atau depresi seakan tidak sadar dengan apa yang dia lakukan, sehingga tidak lagi memperhatikan kebutuhan tubuhnya sendiri. Hal ini termasuk keinginan untuk makan, tidur, dan sebagainya.

2. Tidak Bersemangat Merawat Diri
source: https://www.motherandbaby.co.id/article/2017/12/38/8894/3-Jenis-Depresi-Pasca-Melahirkan
baca juga

3. Tidak Akrab dengan Bayi

Kehadiran bayi baru seharusnya memberikan kebahagiaan bagi ibu. Tapi tidak denganmu. kehadiran bayi malah kamu anggap sebagai gangguan tersendiri dan penyebab kamu mengalami depresi. Sehingga jangankan ingin membangun ikatan dengan bayi, kamu malah merasa tidak ingin dekat-dekat dengan bayimu. Wah, kalau sudah begini tandanya kamu mengalami depresi pasca melahirkan lho, Moms.

3. Tidak Akrab dengan Bayi
source: http://intisari.grid.id/Wellness/Psychology/Depresi-Pascamelahirkan-Berbahaya-Bagi-Ibu-Dan-Anak

4. Kehilangan Minat

Kamu biasanya memiliki sebuah hobi yang ingin selalu kamu lakukan, misalnya membaca buku, menulis, atau berolah raga. Namun setelah melahirkan, bukannya karena tidak ada waktu, kamu malah merasa malas sekali melakukan hobi yang biasa kamu tekuni. Tidak hanya terhadap hobi, kamu bahkan tidak memiliki gairah seksual lagi. Tiba-tiba kamu berubah menjadi wanita frigid yang tidak tertarik dengan seks. Kalau begini kan kasihan pasanganmu, Moms.

4. Kehilangan Minat
source: https://www.dokter.id/berita/5-penyebab-hilangnya-gairah-seksual-pada-wanita
baca juga

5. Kehilangan Kepercayaan Diri

Selain kehilangan minat, kepercayaan dirimu juga turun hingga titik terendah. Kamu merasa bersalah terhadap segala hal yang telah kamu lakukan, merasa tidak bisa menjadi ibu dan istri yang baik, merasa tidak berdaya dan tidak berguna. Intinya merasa gagal sebagai perempuan. Wah, perasaan seperti ini benar-benar menghilangkan aura bahagiamu lho, Moms.

5. Kehilangan Kepercayaan Diri
source: https://www.verywell.com/what-is-mild-low-grade-depression-1066956

6. Sulit Tidur

Biasanya tidur adalah hal paling mujarab untuk membuatmu rileks. Tapi setelah melahirkan, secapek apapun badan dan pikiranmu, matamu masih saja sulit dipejamkan. Kalaupun pada akhirnya bisa tidur, kamu selalu mudah terbangun lagi karena mimpi buruk yang kamu alami. Wah, itu tandanya kamu sudah mengalami depresi, Moms.

6. Sulit Tidur
source: https://30seconds.com/health/tip/11542/Insomnia-Could-Your-Childs-Sleep-Problem-Actually-Be-Yours-Mom

Nah, itulah 6 tanda kamu mengalami depresi pasca melahirkan. Semoga setelah mengetahui tanda-tandanya, kamu bisa segera bangkit untuk menanganinya ya, Moms. Karena jika dibiarkan, depresi pasca melahirkan ini akan mengancam jiwamu juga bayimu. Jangan sampai ya, Moms. Segera cari bantuan secepatnya!