Bagi para ibu hamil muda, mempelajari jenis-jenis pendarahan di awal kehamilan adalah hal yang harus untuk kamu lakukan. Hal ini penting untuk dapat mengetahui tindakan apa yang harus kamu lakukan dengan segera. Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari pendarahan normal dan berbahaya yang perlu untuk kamu antisipasi :
 


1. Waktu

Hal pertama yang dapat kamu identifikasi adalah waktu atau lama dari pendarahan itu sendiri. Biasanya, pendarahan normal akan terjadi di satu periode, pada awal proses ovulasi terjadi atau dengan kata lain pada bulan pertama kehamilan. Pendarahan normal ini akan terjadi dalam waktu yang singkat dan tidak berlarut-larut. Hal ini berbeda dengan pendarahan berbahaya yang terjadi rutin dalam waktu yang lama.
 

Moms, Ini Dia Perbedaan Pendarahan Normal dan Pendarahan yang Berbahaya
source: https://www.babycenter.com/


 

baca juga


2. Volume Pendarahan

Pendarahan normal yang terjadi akibat proses implantasi terjadi dalam jumlah yang sedikit. Sangat jauh berbeda dengan darah menstruasi yang semakin hari semakin banyak. Sedangkan jumlah pendarahan yang normal jumlah atau volumenya relatif tetap sedikit pada tiap harinya. Yang perlu kamu curigai adalah pendarahan yang banyak hingga menyerupai menstruasi karena ada indikasi risiko keguguran yang mungkin terjadi. 
 

Moms, Ini Dia Perbedaan Pendarahan Normal dan Pendarahan yang Berbahaya
source: https://wehavekids.com/


 


3. Warna Darah

Kamu juga perlu mengamati warna bercak darah yang keluar. Apabila pendarahan yang terjadi adalah pendarahan normal akibat implantasi, warna darah yang keluar adalah warna merah muda, merah gelap, atau cokelat. Namun, apabila darah yang keluar berwarna merah segar, kamu harus segera mengidentifikasi kemungkinan terjadinya bahaya pada kandunganmu. 
 

Moms, Ini Dia Perbedaan Pendarahan Normal dan Pendarahan yang Berbahaya
source: https://www.checkpregnancy.com/


 

baca juga


4. Rasa Kram

Apabila pendarahan terjadi, biasanya kamu akan merasakan perut sedikit sakit dan kram. Jika pendarahanmu adalah pendarahan normal, biasanya rasa kram cenderung ringan dan dapat ditahan. Akan tetapi, apabila kram yang kamu rasakan sangatlah sakit menyerupai kram menstruasi, kamu harus segera berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan kandunganmu.
 

Moms, Ini Dia Perbedaan Pendarahan Normal dan Pendarahan yang Berbahaya
source: http://www.parenting.com/


Ingat, pendarahan normal akibat implantasi hanya terjadi pada sebagian ibu hamil saja. Tidak semuanya mengalami hal ini. Jadi, kamu tetap harus waspada apabila pendarahan terjadi saat kehamilanmu masih berusia muda.