Pengalaman mengajak anak-anak menonton bioskop merupakan hal yang seru, sekaligus bikin deg-degan bagi seorang Ibu. Saya pribadi baru dua kali pergi menonton bioskop bersama anak saja, karena saya cukup selektif memilih film mana yang sesuai dengan karakter anak saya agar ga cranky saat menonton.

Ada 3 hal yang perlu kita perhatikan dalam menonton bioskop bersama anak:



1. Persiapan Sebelum Menonton.

Persiapan sehari sebelum menonton ini dimulai dengan komunikasi antara ibu dan anak. Jadi semacam briefing sederhana, kalau kita akan nonton film kaya gini (kasih liat teaser filmnya) dan jelaskan dengan kondisi ruangan bioskop seperti apa (bagi yang pertama kali menonton). Oia, kasih tau juga kalau volume di ruangan itu lebih keras (pada saat opening sound terutama), tapi ga usah khawatir karena ada mama dan kita bisa tutup telinga juga kalau kaget. Siapkan juga baju hangat, mainan favorit nya, beberapa bekal camilan. Usahakan pilih jam menonton film dimana anak kita dalam posisi waktunya relaks dan sudah kenyang.


2. Saat Menonton Film.

Pilih tempat duduk yang jarak pandang tidak terlalu dekat dengan layar, saya biasa memilih di barisan C atau D, juga pilih akses keluar kursi yang mudah. Libatkan anak dalam transaksi membeli tiket dan camilan agar ia belajar berinteraksi dengan lingkungan baru. Jangan lupa pergi ke kamar mandi untuk berkemih dulu ya, sebelum masuk ruangan bioskop. Tetap usahakan tenang jika si kecil mulai tidak betah, ajak mangobrol, tawari camilan atau minuman, berikan mainannya, atau bisa ijinkan ia untuk menonton sambil berdiri atau berjalan sejenak (namanya juga anak-anak 😂). Gak usah panik dan jangan marahi ia ketika cranky, tapi justru kita harus paham kebutuhan ia saat itu apa.



Source: google.


3. Kegiatan Setelah Menonton Film.

Jangan lupa ucapkan terima kasih pada anak kita karena telah mau bekerja sama dengan baik saat di dalam bioskop (apapun kenyataannya 😁). Sesampainya di rumah sampaikan positive value apa yang perlu dicontoh dan hal negatif apa yang perlu di hindari dari film tersebut. Ajak anak kita untuk berpendapat bagaimana isi film tersebut sesuai kemampuan komunikasi di usianya.


So, enjoy weekend Moms 😉


With love,

Elvira Chaerunnisa 💞