1. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik terjadi ketika telur yang dibuahi tidak menempel dan tumbuh dalam rahim seperti umumnya, tetapi menempel dan tumbuh di tempat lain, biasanya tuba falopi. Tuba falopi adalah saluran kecil yang dilewati sel telur yang dibuahi untuk menuju rahim. Ketika embrio terus berkembang, maka yang terjadi adalah pecahnya saluran indung telur yang bisa menyebabkan perdarahan saat hamil. Selain perdarahan, kehamilan ektopik biasanya juga disertai dengan kram atau rasa nyeri hebat di perut bagian bawah. 

Ini Sebabnya Terjadi Pendarahan Saat Hamil, Nomor 1 Paling Sering Terjadi
source: http://businessinsider.com

2. Plasenta Previa 

Plasenta previa merupakan perlekatan plasenta atau ari-ari yang berada di bagian bawah rahim sehingga berpotensi menutupi jalan lahir, baik sebagian ataupun keseluruhan. Plasenta ini merupakan organ yang terbentuk selama kehamilan dan terhubung dengan janin melalui tali pusat. Nah, kondisi ini akan menyebabkan perdarahan saat hamil dan sangat berisiko ibu dan bayi dalam kandungan. 

 

Ini Sebabnya Terjadi Pendarahan Saat Hamil, Nomor 1 Paling Sering Terjadi
source: https://sindonews.net
baca juga
3. Keguguran

Keguguran merupakan kematian janin dalam kandungan sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Keguguran atau abortus spontan ini ditandai dengan keluarnya darah dari dalam vagina dan nyeri di bagian perut. Jika moms mengalami tanda-tanda seperti di atas, ada baiknya segera memeriksakan kondisi janin ke dokter agar Si janin bisa tetap diselamatkan. 
Ini Sebabnya Terjadi Pendarahan Saat Hamil, Nomor 1 Paling Sering Terjadi
source: http://parenting.com

4. Infeksi

Penyebab pendarahan lainnya saat kehamilan adalah Infeksi vaginal seperti infeksi jamur atau bakteri. Kondisi ini juga bisa terjadi karena infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual seperti gonorrhea, chlamydia, yang bisa menyebabkan serviks menjadi iritasi atau meradang. Selain itu, hubungan seks saat hamil juga bisa menyebabkan keluarnya bercak darah karena selama hamil, akan semakin banyak darah yang mengalir ke serviks, jadi sangat wajar bila muncul bercak darah setelah berhubungan seks. 

Ini Sebabnya Terjadi Pendarahan Saat Hamil, Nomor 1 Paling Sering Terjadi
source: http://cafemomstatic.com