1. Nyeri Panggul 

Ciri-ciri kista ovarium yang mudah dikenali pertama adalah timbulnya rasa nyeri pada panggul. Biasanya gejala yang akan dirasakan saat menstruasi di hari ketiga atau di pertengahan masa haid. Rasa nyeri akan semakin hebat jika kista semakin membesar seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasinya adalah kamu harus segera menghilangkan kista dengan jalan operasi laparoskopi atau laparotomi. 
source: http://thehealthsite.com

2. Menstrusi Tidak Lancar

Biasanya, para wanita yang terdapat miom maupun kista pada ovariumnya akan alami menstruasi yang tidak normal. Bisa jadi menstruasi akan lebih lama atau bisa sebabkan nyeri haid yang luar biasa sakit. Selain itu banyak kasus juga terjadi yakni menstruasi yang tidak lancar misalnya haid datang tidak setiap bulan, bahkan dua atau tiga bulan sekali. Jika kamu mengalami ciri-ciri seperti di atas ada baiknya jangan dibiarkan terlalu lama dan segeralah periksakan kondisi rahim ke dokter. 

source: http://www.chronicle.co.zw
baca juga

3. Mual dan Muntah

Wanita dengan kista di ovariumnya juga akan sering merasakan mual dan muntah serta nyeri payudara. Gejalan ini disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi hormon di dalam tubuh wanita yang memiliki kista. Selain itu kista yang semakin membesar akan menghimpit organ lainnya termasuk leher rahim. Nah, hal itu akan menyebabkan rasa nyeri saat sedang berhubungan seks.  

source: https://www.stayathomemum.com.au

4. Sering Buang Air Kecil

Seiring berjalan waktu dan jika didiamkan terlalu lama, ukuran kista akan terus membesar sehingga salah satu dampaknya adalah membuat sering buang air kecil. Kista akan menghimpit kandung kemih dan mengecilkan ruang kandung kemih yang membuat air seni sulit disimpan dalam jumlah banyak. Nah, biasanya kamu akan lebih sering merasa ingin buang air kecil. 

source: http://static.dnaindia.com