1. Trauma Perineum

Perineum merupakan bagian permukaan dari pintu bawah panggul yang terletak antara vulva dan anus. Perineum terdiri dari otot dan fascia urogenitalis serta diafragma pelvis. Saat persalinan daerah perineum ini punya risiko yang cukup tinggi mengalami trauma akibat dorongan dari kepala bayi dan bagian tubuhnya yang bisa menimbulkan luka robek pada perineum. Hal ini disebabkan oleh ukuran janin yang lebih besar dari ukuran yang normal atau juga bisa disebabkan oleh alat bantu yang digunakan tim medis seperti forsep. 

source: http://telegraph.co.uk

2. Cephalopelvic Disproportion (CPD) 

Cephalopelvic Disproportion (CPD) adalah keadaan yang menggambarkan ketidaksesuaian antara kepala janin dan panggul ibu sehingga janin tidak dapat keluar melalui vagina. Ini disebabkan ukuran yang janin yang terlalu besar karena suatu hal seperti gaya hidup Sang ibu yang tidak sehat, sehingga dapat berisiko diabetes. Nah, Kondisi diabetes yang tak terkontrol pada ibu hamil ini bisa menyebabkan janin mengalami Chipalopelvic disproportion (CPD).

source: https://www.thesun.co.uk
baca juga

3. Perdarahan Setelah Persalinan

Setelah proses melahirkan selesai, perdarahan bisa terjadi pada sang ibu dan hal tersebut sangat wajar. Namu, jika terjadi perdarahan berat dapat menjadi hal yang serius yang bis saja membahayakan Sang ibu. Secara umum pendarahan terjadi sekitar 24 jam pasca persalinan tapi jika pendarahan terjadi terus menerus meski sudah pulang ke rumah, moms wajib waspada. Pendarahan bisa saja terjadi bila rahim moms kelelahan untuk berkontraksi setelah melalui proses persalinan yang lama. Jika hal ini terjadi bisa saja dokter mungkin akan melakukan pengikatan pembuluh darah. 

 

source: https://shutterstock.com

4. Bayi sungsang

Kehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas sehingga pada saat persalinan normal, pantat atau kaki si bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal. Posisi bayi masih sungsang saat akan dilahirkan, ini akan membuat proses melahirkan lebih sulit dan untuk mengatasinya, dokter akan melakukan operasi caesar. 

source: http://webicdn.com