1. Kurang Vitamin D

Dikatahui vitamin D tak hanya penting bagi kesehatan tulang, tetapi juga untuk ibu hamil. Penelitian terbaru mengungkap bahwa kekurangan vitamin D di masa kehamilan 26 minggu pertama bisa meningkatkan tekanan darah wanita hamil dan memicu terjadinya komplikasi saat melahirkan. Hal ini bisa menyebabkan preeclampsia, yakni bisa membahayakan ibu hamil dan menyebabkan komplikasi saat melahirkan.

 

Mengapa Komplikasi Saat Persalinan Sering Terjadi? Ini Penyebabnya!
source: https://everydayfamily.com

2.  Rahim Tidak Berkontraksi dengan Baik 

Komplikasi seperti pendarahan saat proses melahirkan bisa saja terjadi. Hal ini disebabkan oleh rahim yang tidak berkontraksi dengan baik. Untuk mencegah perdarahan berat yang disebabkan karena hal ini, biasanya dokter akan memberikan suntikan untuk membantu rahim berkontraksi, sehingga plasenta lebih mudah untuk keluar. Perlu diketahui, jika moms kehilangan darah sebanyak 500-1000 ml saat melahirkan, mungkin tubuhmu masih bisa untuk menahannya. Namun, jika moms kehilangan darah lebih dari 1000 ml setelah melahirkan, maka moms wajib mendapatkan penanganan segera dari dokter.

Mengapa Komplikasi Saat Persalinan Sering Terjadi? Ini Penyebabnya!
source: https://themilkboutique.com
baca juga

3. Infeksi Vagina 

Infeksi vagina ini bisa menyebabkan komplikasi saat proses persalinan seperti ketuban pecah dini. Ketuban pecah dini ini merupakan pecahnya selaput berisi cairan ketuban yang terjadi 1 jam atau lebih sebelum terjadinya kontraksi. Berbagai faktor menyebabkan terjadinya ketuban pecah dini diantaranya infeksi vagina dan servikks, fisiologi selaput ketuban yang tidak normal, inkompetensi serviks dan defisiensi gizi dari tembaga dan asam askorbat (vitaimin C). 

Mengapa Komplikasi Saat Persalinan Sering Terjadi? Ini Penyebabnya!
source: http://thehealthsite.com

4. Bayi yang Terlalu Besar

Ukuran bayi yang terlalu besar bisa menyebabkan komplikasi dimana hal ini menyebabkan rahim sangat teregang dan menipis sehingga robek. Hal ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan gejala lainnya. Namun, jika robekan melebar dan menyebabkan perdarahan yang banyak, dokter akan segera melakukan operasi segera untuk melahirkan bayi. 

Mengapa Komplikasi Saat Persalinan Sering Terjadi? Ini Penyebabnya!
source: http://beremennosti-net.com