1. Kista yang Semakin Membesar

Pada awalnya kista tumbuh kecil namun jika dibiarkan terlalu lama maka ukurannya akan semakin besar. Semakin besar ukuran kista maka akan menimbulkan beberapa masalah pas menstruasi seperti nyeri haid, terlambat haid dan juga nyeri panggul. Untuk mengatasinya moms wajib segera memeriksakan diri ke dokter dan dokter akan meberikan solusi diantaranya mengambil kista dengan jalan operasi atau dengan obat-obatan. Namun kebanyakan kasus, kista hanya bisa dihilangkan dengan jalan pengangkatan seperti operasi. 

 

Ini Sebabnya Mengapa Kista Ovarium Menghambat Menstruasi
source: https://express.co.uk

2. Gangguan Hormon

Tumbuhnya kista dalam rahim otomatis hormon moms akan terganggu sehingga menimbulkan gejala seperti terlambat haid atau volume darah haid yang terlalu banyak atau sedikit. Beberapa kasus juga banyak wanita yang mengalami terlambat haid hingga berbulan-bulan. Jika hal ini terjadi pada moms, ada baiknya segera berkonsultasi kepada dokter dan selalu mengonsumsi makanan tinggi serat.

Ini Sebabnya Mengapa Kista Ovarium Menghambat Menstruasi
source: http://www.positivehomeopathy.com
baca juga

3. Kista Terpelintir

Saat kista terpelintir atau terpuntir maka moms akan merasakan gejala seperti nyeri yang sangat hebat.  Jika kista tumbuh pada batang ovarium, batang tersebut bisa terpuntir atau terpelintir. Akibat kista terpuntir, maka suplai darah ke kista menjadai terhalang dan menyebabkan rasa sakit di perut bagian bawah yang begitu hebat. Hal ini juga bisa menghambat menstruasi seperti terlambat haid, dan rasa nyeri ketika haid. 

Ini Sebabnya Mengapa Kista Ovarium Menghambat Menstruasi
source: http://www.myhealthtime.ie

4. Kista Pecah

Kasus kista pecah memang jarang terjadi jika Sang penderita tidak melakukan olahraga yang terlalu berat. Selain itu jenis kista yang paling mungkin pecah di dalam ovarium adalah jenis kista fungsional, dimana kista yang terjadi hanya pada wanita yang masih aktif menstruasi dan belum mengalami menopause. Tak jarang juga hal ini bisa mengganggu menstruasi setiap bulannya seperti terlambat dan nyeri haid. 

Ini Sebabnya Mengapa Kista Ovarium Menghambat Menstruasi
source: https://www.verywell.com