Pasti sebel kan Moms, kalo udah berkali-kali coba bikin donat, tapi ternyata adaaaa aja gagalnya.  Yang gak ngembang lah, keras lah dan lain-lain.  Saya mau coba berbagi resep nih sama Mommy di rumah.  resep donat ini gak cuma dijadikan bahan donat aja lho Moms, tapi juga bisa untuk pizza dan roti goreng. Yuk Moms, cuuuuzzz kita praktekin

Bahan:
500 gram terigu serbaguna (kalo ada bisa menggunakan yang protein tinggi)
6 gram Yeast/ ragi instan
2 buah telur
2 sendok makan gula pasir
0,5 ons mentega
5 sdm Susu Kental Manis
Air secukupnya
 

Cara membuat:
1. Biang: masukan ragi, gula pasir dan susu kental manis ke dalam gelas dan tambahkan setengah gelas air hangat. Aduk hingga ragi dan gula larut. Sisihkan, tunggu hingga  ragi berbuih(sekitar 15 menit)


2.  Ditempat berbeda, kocok lepas telur.  Kemudian tambahkan tepung terigu, mentega dan biang yang sudah berbuih.  Tambahan air suhu ruang sedikit demi sedikit. Aduk terus dan banting-banting adonan hingga kalis.  Jika adonan terlalu keras, tambahkan lagi air.  Penggunaan air tidak boleh dimasukkan sekaligus agar adonan tidak encer.  Jika sudah kalis, bulatkan adonan dan tutup dengan kain basah.  Tunggu sekitar 1 jam.



3.  Setelah 1 jam, adonan akan mengembang besarnya 2 kali lipat dari adonan awal. Kempiskan adonan.  Ambil sedikit-sedikit dan bulatkan menyerupai bentuk donat.  Setelah adonan habis, biarkan dulu donat tadi mengembang kembali.  Tunggu sekitar 40 menit.  Semakin hangat cuaca, maka donat akan semakin cepat mengembang.



4.  Donat yang sudah mengembang siap digoreng.  Goreng dengan api kecil.  Goreng hingga satu sisi matang, kemudian balik ke sisi lainnya.  Usahakan hanya membalik donat 1 kali saja.  Karena semakin sering dibalik, maka kemungkinan minyak meresap ke dalam donat akan semakin banyak, dan tentu saja membuat donat menjadi kurang nikmat rasanya.



5. Taraaaaaa, donat yang sudah matang siap diberi topping sesuai kesukaan si kecil ^_^