Haloo Mommies,

Postingan kali ini saya akan membahas perihal demam pada anak. Orangtua mana sih yang gak panik saat melihat anaknya demam? Kayaknya hampir semua orangtua merasakan hal yang sama ya moms. Banyak sekali kasus anak sedang bermain atau sedang tidur tiba-tiba demam, ada yang sampai menggigil bahkan kejang-kejang. Memang terlihat mengerikan jika melihat anak kita ada dalam keadaan seperti itu. Tapi lebih baiknya kita menghadapinya tanpa di ikutsertakan rasa panik. Karena jika kita menghadapi situasi tersebut dengan panik, maka banyak sekali hal yang tidak harusnya kita lakukan.
Sebenarnya apa sih yang harusnya kita dilakukan saat anak kita sedang demam moms?


Ukur suhu tubuh
Salah satu cara pertama yang dapat kita lakukan saat anak demam untuk mengambil langkah selanjutnya adalah dengan mengukur suhu tubuh anak. Mengukur suhu tubuh anak menggunakan termometer dapat memastikan anak demam atau tidak. Namun pastikan juga termometer yang digunakan dalam keadaan bersih dan berfungsi dengan baik.


Kompres air hangat
Mommies bisa mencoba menurunkan panas anak dengan memberikan kompresan air hangat. Caranya dengan menggunakan handuk yang sudah diberikan air hangat lalu ditempelkan di kening anak. Namun masih banyak orangtua yang memberikan kompresan dengan air dingin. Sebenarnya hal ini justru berbahaya karena akan membuat si kecil semakin menggigil dan kegagalan evaporasi pada kulit, sehingga panas tidak bisa menguap dari tubuh dan demam pun tak kunjung turun.


Beri obat penurun panas
Berikanlah obat penurun panas sesuai dengan dosis yang tepat. Pasti para orangtua menyimpan obat penurun panas ya, yang pernah diberikan oleh dokter beserta dosis serta cara pemakaiannya. Biasanya obat penurun panas yang mengandung paracetamol yang dapat diberikan kepada anak untuk meredakan panas pada tubuh.


Segera bawa ke dokter
Pertolongan pertama lainnya adalah dengan membawa anak ke dokter segera. Apalagi demam yang disertai dengan muntah-muntah, diare, kejang-kejang dsb. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan mommies bisa langsung membawa anak kedokter. Sama halnya jika anak sudah diberikan kompres air hangat dan obat penurun panas tetap tidak ada perubah segeralah bawa anak kita ke dokter agar segera ditangani.

Kalau Arthur panas biasanya tindakan pertama yg saya lakukan adalah mengukur panasnya lalu kalau memang masih diambang normal tidak perlu memberikan obat penurun panas saya tidak berikan. Yang pasti saya akan memberikan dia banyak cairan agar semakin sering pipis, katanya pipis itu bisa mengurangi panas di tubuh loh moms. Memang saat anak sedang demam pasti akan semakin rewel karena anak merasa tidak nyaman, jadi untuk para mommies harap bersabar menghadapinya dan jangan panik yah.
Ada yang punya pengalaman saat anak demam? Yuk komen dibawah ini.

Semoga bermanfaat dan see you on next post :)