Halo Moms, sudah masuk liburan panjang nih. Yang mau jalan-jalan atau mau terima tamu di rumah saat hari raya dan tahun baru, bisa loh sedia cemilan satu ini. Bikinnya juga gampang banget nggak pakai ribet. Tapi tetap higienis dan lezat. Kalau bersisa, bisa simpan di lemari es. Moms yang nggak bisa baking, pasti semangat deh bikin yang satu ini, namanya tart atau pie buah. Biasanya sih dibilang Mini Fruit Pie.

Sebagian besar moms pasti sudah tahu ya cara membuat pie buah. Tapi siapa tahu saja yang ini lebih gampang dari resep yang lain. Jadi bias efisiensi waktu untuk melakukan kegiatan moms yang lain.

Tartlet satu ini disajikan manis dan cocok buat cemilan keluarga, birthday party, atau arisan. Nah, kalau waktu moms kurang untuk sekedar membuat kulit pie atau kulit tartletnya, bisa beli di toko bahan kue loh. Ada yang rasa original, coklat dan red velvet. Saya sendiri waktu itu beli di kemchik daerah Kemang, harganya 25.000 - 30.000 .
 
 How to make it?
Pertama-tama, sediakan tartlet yang udah jadi. Belinya di swalayan. Nah tartlet seperti ini awet disimpen sampai 3 bulanan. Jadi lumayan kalo mau stok-stok banyak. hehehe
 

Contoh kulit tartnya seperti ini ya moms. aromanya enaaakk banget wangi butter.


 
Biar gampang, susun-susun dulu di atas loyang yang besar yang permukaannya datar dan rata. 
Jangan lupa alasin pakai kertas bakar, atau pakai alumunium foil. 
 
Cara membuat isian fla.
 
Moms harus membuat Fla untuk tartlet, sama dengan cara membuat fla untuk pudding. Bahan-bahannya tepung maizena, gula pasir, susu kental manis yang dikasih air, atau boleh juga susu murni, dan terakhir kasih 1 butir telur ayam. telurnya diratakan sebelum dipanaskan di kompor yah.. kalau dimasukan pas dipanasin, nanti bisa jadi telor rebus moms. hehe
 

 
Aduk terus jangan berhenti, karena kalo berhenti, bisa beku di dasar panci 
dan adonan fla jadi nggak rata. Ditambah bisa hangus plus pancinya jadi susah dicuci. 
So harus diaduk terus sampai mengental seperti gambar di atas.
 




Berikutnya, dinginkan fla sebentar dan masukkan fla yang udah kental tadi, ke dalam kulit tart.
 


Jangan terlalu penuh ya, kira-kita 1setengah sendok makan untuk ukuran tartlet mini..Siipp.. jadinya begini yang udah terisi fla. Lalu-lalu, sedikan buah kalengan alias koktail. Boleh buah kalengan, boleh buah yang beli dan potong-potong sendiri. Yang mana aja oke. Tapi kalo mau praktis bisa pakai buah kalengan seperti ini ya moms :)
 


Selanjutnya, susun buah-buah di atas fla. Terakhir, siram dengan air agar-agar supaya tambah lekat.. yummyyyy...!
 

 

Tadaaaa.. jadi deehh.. gampang banget kan moms? Selamat mencoba di rumah untuk sajian hari raya, cemilan malam tahun baru, bekal liburan atau hantaran untuk saudara dan tetangga. Terima kasih sudah baca ya, moms! Semoga bermanfaat ;)