1. Prolaps Tali Pusar

Komplikasi tali pusar yang pertama adalah prolaps tali pusar, yaitu saat tali pusar turun atau keluar terlebih dahulu dari mulut rahim ibu sebelum bayi keluar atau lahir. Kondisi ini cukup berisiko sebab dapat mengakibatkan bayi terlilit tali pusar hingg menjepit asupan tali pusar. Akibatnya, banyak oksigen dan darah yang tidak teralirkan pada bayi. Tentu hal ini sangatlah berbahaya mengingat peran tali pusar sangatlah penting hingga detik-detik kelahirannya.

Pada umumnya, penyebab kondisi prolaps tali pusar diantaranya :

  • Bayi dengan posisi sungsang
  • Bayi dengan kelahiran prematur
  • Jumlah cairan amnion yang berlebih
  • Tali pusar lebih panjang dari ukuran biasa
source: http://accessmedicine.mhmedical.com/


 


2. Bayi Terlilit Tali Pusar

Komplikasi tali pusar yang satu ini lebih banyak dikenal dengan istilah cord coil, yaitu kondisi di mana tali pusar posisinya melilit leher bayi, baik itu hanya sekali lilitan ataupun lilitan berulang kali. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menghambat aliran darah, oksigen, memperlemah denyut jantung, hingga berpengaruh pada perkembangan janin. Meskipun begitu, kondisi ini memang tidak dapat dicegah. Saat melahirkan pun, kondisi ini dapat diatasi dengan menarik sedikit tali pusar pada leher bayi agar tidak mencekik saat tubuhnya keluar dari kandungan.

Kondisi ini pada umumnya terjadi pada bayi kembar, bayi dengan ukuran besar, dan bayi dengan posisi sungsang.

 

source: http://www.newkidscenter.com


 

baca juga


3. Tali Pusar Tersimpul

 

Bentuk tali pusar yang panjang berisiko terikat menjadi simpul saat di dalam kandungan. Hal ini dapat terjadi apabila si kecil dalam rahim terus aktif bergerak. Meskipun di dalam kandungan simpul ini akan terbentuk longgar, tetap ada risiko menjadi ketat saat proses persalinan berjalan. Komplikasi ini pada dasarnya jarang terjadi. Kalaupun terjadi, kamu tidak perlu khawatir, sebab di dalam rahim seorang ibu hamil terdapat zat dengan bentuk gel yang dapat melindungi pembuluh darah apabila tali pusar tersimpul.
 

source: http://www.phillyvoice.com/

 

Nah, itulah tiga komplikasi tali pusar yang biasa terjadi para bayi dalam kandungan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Mommy seputar kehamilan.