Pusar Bayi


Setelah dipotong saat persalinan, tali pusar yang menempel pada bayi akan tetap dibiarkan hingga puput dengan sendirinya. Selama menunggu puputm tali pusar sisa perlu untuk dirawat dengan hati-hati agar menghindari terjadinya risiko infeksi pada si kecil. 

 

source: https://lifestyle.okezone.com/


Selama masa perawatan, banyak orang tua yang akan menyarankan untuk menempelkan koin pada pusar bayi. Mereka meyakini bahwa ini adalah cara yang tepat dan efisien untuk mencegah pusar yang bodong.
 

Apakah Aman?


Tradisi ini memang banyak digunakan oleh masyarakat pada zaman dahulu. Akan tetapi, apakah benar menempelkan koin pada pusat bayi memberikan manfaat? Dan apakah perawatan ini aman dilakukan pada bayi yang masih sangat rentan?
 

source: https://www.kaskus.co.id


Faktanya, tradisi yang dilakukan dengan menempelkan pusar dengan koin untuk membuat pusar tidak menonjol adalah kesalahan. Hal ini justru malah berisiko karena dapat membuat tali pusar semakin terdorong. Apalagi jika tali pusar belum benar-benar tertutup sempurna hingga kering. 
 

baca juga

Dampak Bagi Kesehatan Bayi


Tidak hanya, itu, penempelan koin pada tali pusar ini ternyata membawa banyak kuman dan bakteri dari koin itu sendiri. Hal ini tentu akan sangat berisiko mengingat pusar bayi masih sangat rapuh. Pusar bayi yang belum tertutup sempurna akan membuka jalan bagi bakteri dari koin yang belum disterilkan untuk masuk langsung ke dalam tubuh bayi. Tentu hal ini dapat mengakibatkn banyak sekali komplikasi dari infeksi kuman dan bakteri itu sendiri.
 

source: http://www.newkidscenter.com


 

Langkah Tepat Merawat Pusar Bayi


Nah, untuk itu, sebaiknya kamu segera mempelajari cara tepat untuk merawat tali pusar yang masih menempel. Diantaranya adalah dengan cara :

  1. Bersihkan selalu area dekat tali pusar. Pastikan kondisinya selalu kering. Jangan biarkan lingkungan tali pusar lembap karena dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.
  2. Gunakan pembersih yang halus dan lembut seperti kapas
  3. Pakailah kain kasa dan pastikan tali pusar bayi mendapat sirkulasi udara yang cukup
  4. Saat sedang mandi, usahakan untuk tidak mengalirkan air pada pusar bayi. Kamu dapat mengelap bayi perlahan dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat.

 
source: https://hellosehat.com/


Nah, itulah beberapa ulasan singkat mengenai mitos perawatan pusar bayi menggunakan koin. Sebaiknya dihindari ya, Moms!