1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seorang Ibu hamil, harus memiliki daya tahan yang kuat. Sebab, itu diperlukan nutrisi yang ada pada ubi jalan demi memenuhi ketahanan tubuh. Ubi adalah salah satu prebiotik yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh dari berbagai bahaya dan ancaman penyakit.  Selain itu, Ubi mengandung serat yang dapat mengubah mikroba yang membentuk antibodi yang dapat menjaga kesehatan janin. 

source: http://www.idiva.com/photogallery-entertainment/7-travel-tips-for-pregnant-women/17793

2. Membantu pembentukan sel darah merah dan menghilangkan morning sickness

Di awal kehamilan, wanita rentang sekali mengalami morning scikness. Merupakan gejala seperti mual, pusing serta muntah-muntah. Namun, jika terus menerus mengkonsumsi ubi akan membantu mengusir terjadinya morning sickness pada ibu hamil. Kandungan vitamin B6 dalam ubi jalar  membantu tubuh dalam meningkatkan sel darah merah ibu hamil. Sel darah merah meningkat sehingga ibu hamil akan terhindar dari morning sickness yang membuat ibu hamil tidak nyaman.

source: http://www.kembangpete.com/2015/01/25/cara-mengatasi-morning-sickness-saat-hamil-muda/
baca juga

3. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang amat diperlukan bagi ibu hamil. Sekitar 700 mikrogram dalam sehari harus dikonsumsi oleh wanita hamil. Vitamin A ini bisa ditemui dalam kandungan ubi jalar. Umumnya satu ubi jalar memiliki sebanyak 1.922 mikrogram. Vitamin A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata serta sebagai antioksidan. Mengkonsumsi ubi jalar bisa membuat ibu dan si calon bayi tak hanya cukup nutrisi vitamin A, namun juga memiliki mata yang sehat.

source: http://nakita.grid.id/Kehamilan/Waspada-Gangguan-Mata-Saat-Hamil

4. Mencegah Sembelit

Untuk mencegah sembelit, wanita hamil perlu memperbanyak makanan yang mengandung serat. Serat yang ada dalam kandungan ubi sekitar 6,6 gram serat. Sebaiknya, ibu hamil mengkonsumsi ubi sampai mencukupi kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh. Kandungan serat yang terdapat dalam ubi akan membantu memperlancar kerja sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya sembelit atau kesusahan dalam buang air besar.

source: http://bidanku.com/cara-mengatasi-konstipasi-pada-ibu-hamil
baca juga

5. Mencegah anemia

Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah kekurangan darah. Ibu hamil sangat dihindari terkena anemia, karena itu berarti kandungan zat besi atau darah di dalam tubuh berkurang. Ini akan menggangu pemberian gizi kepada calon bayi. Untuk itu disarankan mengkonsumsi ubi, karena kandungan zat besi pada ubi cukup tinggi, dan mengurangi risiko kurang darah. 

source: http://www.simplyrecipes.com/recipes/sweet_potato_and_yukon_gold_bake/