Hai moms, si kecil sudah bisa mengenal dan hapal warna belum? Kalau belum, aku mau kasih tips-tips ni supaya gampang mengenalkan warna pada anak. Aku pribadi mulai mengenalkan warna ke Gya sejak usia 18 bulan keatas, dan sudah hapal warna di usia 20 bulan hehe walapun belum semua warna. Seringnya yang Gya hapal itu merah hitam pink hijau ungu orange coklat. Sebenernya aku sih gak pernah targetin ya Gya untuk hapal di usia segini, ya minimal tau lah gitu. Tapi berhubung usia Gya ini adalah usia emas, dimana otak lagi berkembang dengan sangat cepat, jadi ya bagus banget dong ya bermain dan belajar warna di usia segini, jadi lebih cepat nangkap nya. Dan awalnya aku itu cuma memperkenalkan aja sih, tapi ternyata dia bisa hapal yasudah itu bonusnya. Haha. Lalu apa sih tips nya? Ini dia....


1). Lakukan disaat anak sedang mood untuk belajar
Nah ini harus banget diingat ya moms.
kalau anak belum tertarik dan sedang tidak mood, maka gak perlu dipaksakan ya. Karena kalau dipaksa, percuma anak tidak akan fokus dan malah merasa terbebani. Misal anak lagi pengen lari-larian myauda gak bisa dipaksakan ya Berbeda kalau anak sedang mood untuk belajar warna, dia akan duduk manis dan memperhatikan arahan kita ketika bilang ini pink, ini warna merah, ini hitam ya, dll. Jadi setelah dia mood, dia fokus, maka akan gampang banget mengingatnya moms.

2). Lakukan dengan cara permainan

Awal-awal sebelum Gya belajar warna, aku ajakin dia bermain dulu moms. Nama permainan nya adalah bermain SORTIR warna. Kenapa kenurut aku penting bermain sortir warna? Karena ini bukan sekedar sensory play ya, tapi bermain sortir warna ini adalah tahapan dimana anak bisa membedakan warna terlebih dahulu, mengelompokan berdasarkan warna yang sama. Nah kalau anak sudah mampu membedakan warna, akan lebih gampang mengenal dan menghapal warna.

3). Lakukan secara bertahap

Supaya anak gak bingung (karena warna itu kan banyak ya), jadi pengenalan nya bertahap saja ya moms. Gak perlu semua warna kita ajarkan sekaligus. Pengalamanku pertama-tama aku ajari dia beberapa warna dulu, nah setelah itu baru deh ajarin warna berikutnya, jadi gak bingung dan justru bisa cepat hapal lho sepengalamanku.

4). Belajar warna gak harus selalu pakai buku, lebih efektif pakai benda.
Pengalamanku, saat ajarin Gya warna pakai buku, Gya itu malah lebih tertarik lihat gambarnya dibandingkan warna nya. Setelah aku tanya ibu-ibu lain juga ternyata begitu, anaknya lebih fokus ke gambarnya yang menarik dibandingin ke warna nya hehe. Akhirnya aku ajarin Gya warna pakai kancing warna warni dan bola kecil warna warni. Dan itu BERHASIL!!! Gya cepet hapal lho, memang jadi fokus perhatiin warna nya pakai bola dan kancing gini. YEAYYY!!! Dan besoknya aku suka tanya-tanya terus ini warna apa, baju mama warna apa, bantal itu warna apa, dll jadi semakin banyak dia ingat terus.


5). Berikan pujian ketika anak benar menyebutkan warna
Setiap kali Gya benar menjawab warna apa yang aku tanya, aku suka bilang “wah...pintar ya anak mama sekarang sudah tau warna”. Tujuan pujian ini bukan supaya anak terbiasa dengan dipuji terus-terusan ya moms, tapi lebih ke arah “menyemangati” dia. Biasanya jadi semakin semangat sih belajarnya.

Sekian tipsnya, semoga bermanfaat yaa❤️❤️❤️