1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Jennifer L. Baker pada 2008 membuktikan bahwa menyusui dapat menurunkan berat badan ibu selama kehamilan. Hal ini karena ternyata menyusui dapat membakar kalori. Namun tidak semua ibu yang menyusui dapat mengalami penurunan berat badan karena hal ini tergantung pola makan dan aktivitas yang dilakukan si ibu. Jadi jika Moms ingin berat badan turun setelah melahirkan, kombinasikan kegiatan menyusui ASI eksklusif dengan pola makan dan pola aktivitas yang seimbang.

source: http://tunggo.com/tips-diet-untuk-ibu-yang-sedang-menyusui/

2. KB Alami


Menyusui secara eksklusif terbukti menghambat terjadinya ovulasi pada ibu sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan setelah melahirkan. Tentu saja Moms yang baru saja melahirkan tidak ingin segera hamil lagi sementara si bayi masih terlalu kecil. Nah, menyusui ASI eksklusif ternyata dapat digunakan sebagai salah satu metode KB alami yang menghambat terjadinya kehamilan.
source: http://www.nutriclub.co.id/kategori/bayi/kesehatan/perlukah-alat-kontrasepsi-ketika-masih-menyusui/
baca juga

3. Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi

Tidak diragukan lagi bahwa menyusui akan meningkatkan bonding antara ibu dan bayi. Saat menyusui adalah saat di mana Moms bisa merasa sangat intim dengan si kecil. Moms bisa menatap matanya, membaui aroma tubuhnya, dan berada pada posisi yang sangat dekat dengan si kecil. Dalam momen yang sangat berharga ini, sebaiknya Moms memfokuskan perhatian pada si kecil.

source: https://kumparan.com/@kumparanmom/menyusui-bisa-jadi-kb-alami-benarkah

4. Mencegah Stress

Menyusui akan meningkatkan produksi hormon kebahagiaan, yakni oksitosin, pada tubuh sehingga membuat Moms lebih rileks dan bahagia. Kalau bahagia sudah tercipta dalam diri, tentu saja stress enggan menghampiri bukan Moms?

source: https://www.yourwholebaby.org
baca juga

5. Mengurangi Perdarahan Rahim

Selain dapat mengurangi berat badan, menyusui ternyata dapat mengurangi perdarahan pada rahim setelah melahirkan. Hal ini karena dengan meningkatnya produksi hormon oksitosin maka akan terjadi kontraksi rahim yang mengakibatkan terjadinya penjepitan pembuluh darah, sehingga jumlah darah berkurang dan perdarahan pun cepat berhenti.

source: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/menyusui-kurangi-risiko-penyakit-sindrom-metabolik

6. Mengurangi Risiko Kanker

Menyusui terbukti mengurangi risiko terjadinya kanker payudara pada wanita. Mungkin hal ini karena selama hamil dan melahirkan, telah terjadi perubahan pada jaringan payudara berupa pembengkakan dan peradangan, sehingga dengan menyusui, pembengkakan dan peradangan ini dapat dihambat. 

source: https://hellosehat.com/parenting/menyusui/benarkah-menyusui-dapat-mencegah-kanker-payudara/

7. Hemat Uang

Yang ini pasti disukai Moms yang ingin menghemat pengeluaran bulanan. Menyusui jelas menghemat anggaran untuk membeli susu formula yang mahal itu. Kalau bisa lebih sehat dan lebih hemat, siapa yang tidak mau menyusui?

source: https://pregnant.sg/articles/breastmilk-and-formula-milk-the-difference-explained/

Wah, ternyata menyusui sangat banyak manfaatnya bagi para ibu ya, Moms. Jadi makin semangat menyusui dong pastinya, Moms. Selamat meng-ASI-hi sepenuh hati, Mommies.