Umumnya, gigi bayi akan terlihat saat ia berusia 6 bulan dan akan tumbuh pertama kalinya pada bagian atas atau tengah. Sayangnya, moment bahagia itu dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan membuat orangtua panik karena biasanya Si Kecil akan mengalami demam, batuk serta mudah marah. Karena itulah, pentingnya Ibu mengetahui cara mengatasi bayi sakit karena tumbuh gigi, seperti berikut ini:

Mengusap Gusi Bayi

Cara mengatasi bayi sakit karena tumbuh gigi yang paling mudah adalah dengan mengusap gusi bayi untuk membuatnya merasa lebih nyaman. Ibu dapat mengusap gusi bayi dengan menggunakan jari secara perlahan. Namun, jangan memaksa Si Kecil saat Ibu akan mengusap gusinya.

source: http://www.visitworldofsmiles.com/2013/05/babys-first-tooth/


 

baca juga

Berikan Mainan Teething/teether

Teething/teether adalah mainan berbentuk lingkaran yang aman untuk digigit oleh bayi. Namun, sebelum diberikan kepada Si Kecil bersihkan terlebih dahulu agar tidak ada kuman atau bakteri saat dimasukkan ke dalam mulutnya. Selain itu, Ibu juga dapat memasukkan teether ke dalam lemari pendingin untuk meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada gusinya. Akan tetapi, jangan meletakannya di dalam freezer agar tidak membahayakan gusi Si Kecil.

source: https://www.thebump.com/a/top-10-teething-toys


 

Camilan Sehat

Memberikan camilan sehat kepada Si Kecil juga dapat Ibu lakukan untuk mengatasi bayi sakit karena tumbuh gigi. Ibu dapat memberikan apel atau membuat cake sehat yang bebas gula kesukaannya dalam ukuran yang mudah digenggam dan teksturnya lembut di mulut bayi. Memberikan camilan sehat atau finger food dapat mengurangi rasa gatal atau tidak nyaman pada gusinya. Akan tetapi, Ibu harus selalu mendampingi bayi saat mengonsumsi makanan untuk mengurangi risiko tersedak.

source: http://www.newjerseymuseum.org/baby-finger-foods.htm


 

baca juga

Konsultasikan dengan Dokter

Jika nyeri pada Si Kecil tidak kunjung reda setelah beberapa hari, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar Ibu cepat mengetahui penyebabnya dan dapat lebih cepat dilakukan penanganan.

source: https://www.youtube.com/watch?v=DsJv0xVAFtE