Waktu adalah aturan penting yang harus ditaati orang tua.

Saat melakukan aktivitas bersama anak-anak utamanya balita, orang tua harus memperhatikan waktu berikut ini :

  • Waktu kedatangan. Playdate berarti kita sudah menyepakati waktu mulai acara. Agar tidak membuat yang lain menunggu, sebaiknya kita harus tepat waktu saat datang ke rumah host playdate
  • Waktu berlangsungnya playdate. Idealnya, playdate berlangsung antara satu hingga dua jam. Kurang dari satu jam hanya membuat anak anda merasa terburu-buru, mungkin saat itu ia baru saja mulai pemanasan. Sebaliknya, berjam-jam akan berpotensi menimbulkan masalah, anak akan rewel, lelah dan tantrum. 
  • Waktu pelaksanaan playdateSebelum memutuskan kapan playdate sebaiknya dilaksanakan, tanyakan lah pada balita kamu apakah ia bersedia untuk datang ke rumah teman atau bertindak sebagai host. Pastikan saat itu bukan waktu anak-anak tidur, saat lapar, atau saat anak sudah merencanakan aktivitas yang lain. Waktu ideal pelaksanaan playdate adalah pagi hari sampai menjelang siang atau sore hari.
source: https://images.parents.mdpcdn.com/sites/parents.com/files/images/p_101652342.jpg

Pastikan kondisi si kecil sebelum dan saat playdate

Moms, sebelum kamu membawa si kecil berkunjung ke rumah teman dan mengikuti agenda playdate, pastikan kondisi si kecil ya. Jika si kecil menunjukan gejala tidak enak badan ada baiknya kamu menunda acara playdate. Selain si kecil harus beristirahat, saat si kecil sakit kemungkinan ia akan menularkan penyakitnya ke teman-temannya yang lain.
Si kecil yang lapar juga bukan kondisi ideal untuk bermain bersama teman-temannya, Lapar hanya akan membuatnya bersikap tidak ramah, mudah marah dan tantrum. Begitupun saat playdate sedang berlangsung, perhatikan apakah si kecil sudah terlampau lelah atau mulai mengantuk. Jika memang demikian, sebaiknya Moms menyudahi aktivitas playdate. 
Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup ya Moms agar si kecil tidak kelaparan!

source: http://d2q2f0pfv13tpb.cloudfront.net/wp-content/uploads/2013/10/Playdate2.jpg
baca juga

Perhatikan aktivitas playdate agar benar-benar bermanfaat.

Sebelum playdate dimulai, sepakati dulu apa saja aktivitas yang akan dilakukan si kecil bersama teman-temannya. Apakah aktivitas itu akan berlangsung di dalam rumah atau di luar rumah. Jika di dalam rumah, tempat mana saja yang boleh di kunjungi si kecil dan tempat mana saja yang tidak boleh di kunjungi si kecil. Jika di luar rumah, pastikan tempat itu nyaman untuk bermain si kecil ya moms. Misalkan taman bermain, pantai atau kolam renang,
Oh ya Moms, kamu juga harus tahu bahwa dalam setiap rumah ada aturannya. Tanyakan kepada host atau beri penjelasan kepada guest mengenai peraturan ini. Lalu beri penjelasan singkat kepada si kecil sebelum berangkat. Ingatkan mereka saat ada pelanggaran peraturan. 

Jika Moms jadi host acara, ada baiknya Moms juga memperhatikan privasi si kecil. Simpan mainan kesayangan si kecil dan katakan padanya, jika ia tidak bersedia meminjamkannya, maka lebih baik disimpan. Simpan juga mainan yang mahal dan mudah rusak, karena anak-anak pasti tertarik dengan mainan yang bagus dan berbeda dari yang mereka miliki. Agar si kecil mau belajar berbagi, buat kesepakatan terlebih dahulu mainan mana saja yang boleh dipinjamkan. Lebih baik lagi, jika Moms tidak menggunakan mainan si kecil tetapi membuat mainan yang baru untuk semua anak. Moms dan para orang tua bisa mulai dengan membuat mainan DIY (Do it your self). Dijamin, si kecil bisa belajar bekerja sama dan berbagi tanpa merasa terpaksa!


 

source: https://media1.popsugar-assets.com/files/thumbor/dREf75TDwbLRih04Ja2dEIjLrcU/fit-in/1024x1024/filters:format_auto-!!-:strip_icc-!!-/2013/09/24/761/n/24155406/c98d7824a50021a7_thumb_temp319237761380039931/i/Unusual-Playdate-Requests.jpg

Setiap Playdate pasti ada drama, Jangan terlalu cemas tentang itu Moms.

Moms, dalam teori fitrah, balita adalah saat fitrah egosentris lebih dominan daripada fitrah sosial. Pada usia-usia ini, si kecil memang sedang masa-masanya tidak bersedia berbagi. Wajar Moms! Saat si kecil tidak mau berbagi dengan teman-temannya, telusuri dulu penyebabnya, apakah barang itu adalah miliknya atau ia yang pertama kali memainkan.
Begitu juga saat anak-anak bertengkar atau mulai memukul, segera ambil alih situasi Moms. Tetap tenang dan pastikan mereka aman. Tanyakan pada si kecil apa yang terjadi, mengapa ia berbuat demikian dan bersediakah ia meminta maaf. Jangan marah di depan teman-temannya Moms. Itu hanya akan melukai si kecil. Lebih baik, kita ikut terlibat bermain bersama mereka sembari mengajarkan mereka kerja sama, berbagi, dan saling memaafkan. Mereka kan sedang belaar Moms!

Jika ada teman si kecil yang menganggu jalannya aktivitas karena sikapnya yang buruk di sepanjang permainan, maka kamu juga harus mulai ikut bermain. Jangan bersikap tidak suka di depan orang tuanya ya Moms. Karena playdate juga ajang belajar bagi orang tua. Be a nice host and guest.

Hal yang paling penting dalam playdate adalah posisi orang tua yang netral dan menjaga jarak dengan tetap memperhatikan aktivitas anak Moms. Jangan sampai kita asyik sendiri ya!

source: https://tctechcrunch2011.files.wordpress.com/2014/11/kids-playing-with-toys.jpg?w=738
baca juga

Jangan pergi begitu saja setelah playdate selesai, yuk bantu bersih-bersih!

Playdate berakhir, bukan berarti kamu bisa pergi begitu saja tanpa alasan yang mendesak Moms. Sebelum kamu berpamitan, sebaiknya kamu membantu host membersihkan rumah agar rumah kembali bersih dan rapi seperti sedia kala. Jangan sampai kamu membuat host playdate kerepotan Moms. Selain membantu host, kamu juga mengajarkan si kecil bertanggung jawab dengan memberikan teladan dalam etika bertamu. 
Jika anak kamu merusak barang, minta maaflah, dan berusahalah untuk mengganti mainan yang si kecil rusak. Jangan lupa ucapkan terima kasih dan kalimat positif lainnya yang menunjukan kalau kamu senang bermain di rumah mereka. 
Ingin janjian lagi? Pastikan kamu juga bersedia menjadi host playdate ya Moms.


Selamat bermain Moms. Jadikan playdate sebagai ajang belajar kamu dan si kecil ya!

source: https://media1.popsugar-assets.com/files/thumbor/afA4PFUxNQbWDoskuWQvaPBqHVQ/fit-in/1024x1024/filters:format_auto-!!-:strip_icc-!!-/2016/04/20/923/n/24155406/5dc0e173_edit_img_image_41010928_1461179457/i/What-Know-About-Hosting-Playdate.png