Kurang Cairan atau Dehidrasi


Kurang cairan atau dehidrasi menjadi salah satu penyebab pusing saat menyusui yang sering dialami oleh Ibu. Mengapa? Umumnya bayi mengisap ASI hingga 200 mililiter dalam sekali menyusu atau sebanyak itulah cairan yang keluar dari tubuh Ibu. Bayangkan, jika Si Kecil menyusui lebih dari 10 kali. Berapa banyak cairan yang akan keluar. Oleh karena itu, harus diimbangi oleh cairan yang masuk ke dalam tubuh Ibu. Gejala awal Ibu mengalami dehidrasi, biasanya dengan rasa haus atau tenggorokan kering sehabis menyusui dan merasa pusing. Ibu menyusui membutuhkan cairan sekitar tiga liter per hari. Karena itu, perbanyaklah minum air putih dan asupan cairan tambahan dari jus buah segar.

source: http://impossiblehouse.com/drinking-gallon-water-day/


 

Salah Posisi Saat Menyusui


Salah posisi saat menyusui dapat membuat saraf leher dan kepala menjadi tidak nyaman. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya sakit kepala. Oleh karena itu, pentingnya Ibu mengetahui posisi yang benar saat menyusui, salah satunya yaitu posisi memangku dengan meletakkan bayi di atas bantal yang sudah diletakkan pada pangkuan Ibu, kemudian topang kepala bayi dengan lekukan lengan di sisi payudara yang akan disusui bayi. Mudah bukan?

source: https://uk.pinterest.com/explore/breastfeeding-positions/


 

baca juga

Kurang Istirahat


Selama menyusui, Ibu memang akan sulit mendapatkan istirahat yang cukup karena bayi seringkali terbangun pada tengah malam. Padahal, Ibu membutuhkan waktu istirahat selama 7 hingga 8 jam per hari. Kurangnya istirahat akan membuat tekanan darah menurun yang membuat peredaran darah terhambat sehingga menyebabkan sakit kepala saat menyusui.

source: http://conversationswithmymother.com/how-do-i-get-my-baby-to-sleep-in-the-crib-rather-than-in-my-bed/


 

Stres


Penyebab pusing saat menyusui lainnya adalah stres. Ibu menyusui memang kerapkali mengalami stres, salah satunya adalah rasa khawatir tidak dapat memenuhi kebutuhan ASI Si Kecil. Padahal selama proses menyusui, Ibu disarankan untuk menghindari stres agar proses menyusui bayi berjalan dengan lancar. Stres saat menyusui akan menimbulkan sakit kepala.

source: http://rockingmama.id/post/ini-dia-7-masalah-ibu-menyusui-yang-biasanya-dialami-beserta