Merasakan gerakan dari janin dalam kandungan adalah hal luar biasa yang bisa dirasakan oleh ibu saat menikmati masa-masa kehamilannya. Akan tetapi, di sisi lain, ada sebagian ibu yang baru bisa merasakan gerakan bayi saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir, atau bahkan tidak merasakan sama sekali.
 

Jangan Bingung, Ini Dia Alasan Gerakan Janin Ada Yang Terasa Dan Ada Yang Tidak
source: https://www.justthefacts.org/


Hal ini tentu bukanlah sesuatu hal yang fatal. Merasakan gerakan janin dalam kandungan memang berbeda bagi tiap ibu hamil. Faktanya, gerakan ganin, atau yang biasa disebut dengan quickening memang berbeda pada tiap kehamilan. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang membedakan gerakan janin yang terasa dan tidak terasa :
 


Pengalaman Kehamilan

Hal pertama yang dapat mempengaruhi terasa dan tidak terasanya gerakan janin adalah pengalaman kehamilan ibu sebelumnya. Biasanya, ibu yang baru pertama kali hamil baru dapat merasakan gerakan janin saat kehamilan memasuki usia 5 bulan. Berbeda dengan ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya yang akan lebih peka sehingga dapat merasakan gerakan janin pada kehamilan usia 4 bulan.
 

Jangan Bingung, Ini Dia Alasan Gerakan Janin Ada Yang Terasa Dan Ada Yang Tidak
source: http://yourblackworld.net/


 

baca juga


Berat Badan Ibu

Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan, janin akan semakin aktif dalam bergerak. Hal ini menyebabkan ibu akan merasakan gerakan janin lebih sering dari biasanya. Akan tetapi, apabila ibu memiliki bobot tubuh yang berlebih, biasanya gerakan janin akan tidak terlalu terasa karena lemak yang melapisi perutnya membuatnya tidak terlalu sensitif terhadap gerakan si kecil. Berbeda dengan ibu yang memiliki tubuh kurus, mereka akan cenderung lebih mudah merasakan gerakan janin dalam kandungan.
 

Jangan Bingung, Ini Dia Alasan Gerakan Janin Ada Yang Terasa Dan Ada Yang Tidak
source: https://www.healthline.com/


 


Volume Air Ketuban

Selain lemak dalam tubuh ibu, volume air ketuban dalam kandungan juga berpengaruh pada sensitivitas ibu dalam merasakan gerakan janin. Apabila air ketuban banyak, maka ibu akan lebih sulit merasakan gerakan janin. Berbeda dengan kandungan yang air ketubannya tidak banyak, gerakan janin akan menjadi lebih terasa. 
 

Jangan Bingung, Ini Dia Alasan Gerakan Janin Ada Yang Terasa Dan Ada Yang Tidak
source: https://www.buzzfeed.com/


Nah, itulah beberapa perbedaan yang mengakibatkan ibu hamil dapat merasakan dan tidak merasakan gerakan janin dalam kandungan. Namun, apapun yang kamu rasakan, semoga si kecil tumbuh sehat dan lahir dalam keadaan sempurna, ya!