Gerakan Awal

Saat memasuki awal trimester kedua kehamilan atau bulan ke-4, kamu akan mulai merasakan gerakan janin yang biasa disebut dengan istilah quickening. Tiap ibu akan mengalami gerakan awal ini berbeda-beda, biasanya terjadi pada minggu ke-16 hingga ke-22. Gerakan yang ditimbulkan pun beragam, ada yang merakasakan gerakan yang menggelepar, gelitikan bulu mata, hingga popcorn yang meledak. Gerakan janin ini biasanya samar sehingga banyak ibu yang tidak menyadarinya dan mengira bahwa itu adalah gerakan dari organ pencernaan.
 

source: https://www.today.com/


Gerakan janin yang pertama ini bukanlah tendangan, melainkan gerakan janin yang berjungkir balik. Ukurannya yang masih sangat kecil membuat si janin lebih mudah bergerak leluasa dalam ketuban. Jika kamu melakukan USG, mungkin kamu akan melihat ia berbalik badan, melenturkan diri, menggerakkan lengan atau kaki, dan bahkan mengisap jempol.

 


Gerakan Menendang

Setelah gerakan-gerakan kecil di awal, kamu akan mulai merasakan si kecil menendang saat kehamilan memasuki usia 20-30 minggu. Di usia kandungan ini, gerakan janin akan menjadi lebih terasa dengan jelas seiring seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tulang dan otot-ototnya. Jadi, bersiaplah untuk merasakan beragam gerakan dan aktivitas si kecil dalam kandunganmu, ya!
 

source: http://valleywomenshealth.com/


 

baca juga


Janin Berakrobat

Kemudian, memasuki usia kandungan di minggu ke-30 sampai ke-35, kamu akan semakin terkagum-kagum merasakan perut yang dapat berubah bentuk akibat posisi dan gerakan janin yang berubah-ubah. Pada saat ini, kamu akan lebih mudah membedakan bagian tubuh janin yang bergerak-gerak. 
 

source: https://medikoe.com/


 


Menuju Jalan Lahir

Saat mamasuki usia kandungan 35 minggu, bayimu perlahan akan bergerak menuju jalan lahirnya. Dengan kata lain, kepalanya akan berada pada posisi bawah. Tubuhnya yang sudah semakin besar membuat ruangan dalam rahim menjadi semakin sempit untuk menjadi tempatnya bergerak dan beraktivitas. 
 

source: http://rocketparents.com/


Nah, itulah beberapa tahapan gerakan bayi yang bisa kamu rasakan sesuai dengan usia kandunganmu.