1. Posisi Mendekap

Posisi mendekap atau cradle hold adalah posisi menyusui klasik yang telah dikenal sejak dulu. Ibu menyusui biasanya identik dengan posisi ini. Posisi ini dilakukan sambil duduk, kemudian tangan yang sejajar dengan payudara yang digunakan untuk menyusui diposisikan untuk menyangga tubuh bayi, sedangkan tangan lainnya digunakan untuk mendekap bayi. Posisi ini sungguh manis namun jika dilakukan di malam hari cukup melelahkan juga.

source: https://www.allinahealth.org/health-conditions-and-treatments/health-library/patient-education/beginnings/breastfeeding/breastfeeding-positions/

2. Posisi Mendekap-silang

Posisi ini hampir sama dengan posisi mendekap. Perbedaannya hanya dari tangan yang digunakan untuk mendekap bayi. Pada posisi mendekap-silang atau cross-cradle hold, tangan yang digunakan untuk menyangga tubuh bayi adalah tangan yang berlawanan dengan payudara yang digunakan untuk menyusui. Posisi ini cocok dilakukan oleh ibu dengan payudara yang kecil, supaya bentuk payudara bisa lebih penuh.

source: http://www.pnmag.com/h-s/breastfeeding-positions/
baca juga

3. Posisi Football Hold

Posisi football hold ini hampir sama dengan posisi saat Moms memegang bola. Jadi bayi diposisikan di bawah payudara Moms dengan kepala dan badan yang disangga oleh tangan yang posisinya sejajar dengan payudara yang digunakan untuk menyusui. Posisi ini sangat cocok dilakukan oleh Moms pasca melahirkan secara caesar karena memungkinkan bayi tidak menyentuh perut Moms.

source: https://www.babble.com/baby/best-breastfeeding-positions/

4. Posisi Duduk

Posisi duduk atau straddle-hold biasanya dilakukan ketika bayi sedang menderita flu, sehingga menyusui tidak menyebabkan hidungnya tersumbat. Posisi ini sebaiknya dilakukan Moms sambil duduk karena jika dilakukan sambil Moms berbaring dikhawatirkan bayi akan tersedak. Jadi dalam posisi ini, bayi diposisikan berdiri atau duduk menghadap Moms sehingga posisinya seperti "memanjat" payudara Mommies. Hampir seperti menyusui toddler posisinya, Moms.

source: https://www.youtube.com/watch?v=Ds6BAo9stm0
baca juga

5. Posisi Berbaring Miring

Ini dia posisi menyusui favorit para Mommies karena selain aman bagi bayi, juga sangat nyaman bagi para Mommies. Bahkan biasanya ketika menyusui dalam posisi ini, tanpa sadar Moms bisa tertidur saking nyamannya. Untuk dapat melakukan posisi ini, bayi dimiringkan dan dihadapkan pada tubuh Moms yang juga berbaring miring. Moms harus memastikan bayi tidak tertindih dan hidungnya tidak tertutup oleh tubuh Moms. Pastikan juga perlekatannya telah pas sehingga menyusui dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

source: http://www.nursingnurture.com/breastfeeding-positions/

Ternyata, menyusui dengan aman bisa dengan berbagai posisi ya, Moms. Tidak harus konvensional yang terkadang membuat punggung pegal. Bahkan menyusui sambil berbaring pun tetap bisa aman dan nyaman tentu saja. Lalu, apa posisi menyusui favoritmu, Moms?