1. Pengasuh Anak

Nah, inilah biasanya yang membuat galau para Moms yang harus bekerja lagi setelah cuti melahirkan usai: urusan pengasuhan anak. Moms bisa mencari pengasuh anak berdasarkan informasi dari orang-orang yang sudah Moms kenal, atau bisa mencarinya lewat jasa penyedia babysitter. Selain menitipkan anak pada pengasuh, mungkin Moms juga bisa menitipkan anak ke daycare yang berlokasi relatif dekat dari kantor Moms. Apapun pilihan pengasuh untuk si kecil, pastikan keamanan dan kenyamanan anak adalah yang utama ya, Moms.

1. Pengasuh Anak
source: https://sg.theasianparent.com/find-a-babysitter-in-singapore/

2. Makanan Utama Anak

Kebutuhan gizi si kecil tentu merupakan hal utama yang harus Moms pertimbangkan sebelum mulai bekerja kembali. Maka, sebelum cuti melahirkan usai, Moms harus mempersiapkan ASI Perah (ASIP) dan belajar bagaimana manajemen ASIP yang baik agar kebutuhan nutrisi si kecil tetap terpenuhi dari ASI meskipun Moms telah kembali bekerja.

2. Makanan Utama Anak
source: http://gendies.com/agar-asip-awet-berikut-panduan-pengaturannya/
baca juga

3. Rutinitas Baru

Sebelum masuk kerja lagi setelah habis masa cuti melahirkan, Moms juga harus menyiapkan mental untuk menghadapi rutinitas baru. Manajemen diri, pikiran, emosi dan tentu saja waktu, harus diatur lebih baik lagi. Intinya bagaimana caranya agar karier dan keluarga tetap seimbang meski Moms sudah kembali bekerja. Usahakan pula untuk tetap menjadi pribadi yang disiplin dan menghargai waktu.

3. Rutinitas Baru
source: https://www.todaysparent.com/family/parenting/confessions-of-a-working-mom/

4. Pekerjaan Kantor


Kembali masuk kerja setelah beberapa bulan mengurus anak tentu membuat Moms merasa canggung untuk melaksanakan pekerjaan di kantor. Untuk itu, Moms perlu mendiskusikan masalah pekerjaan kepada atasan. Terbukalah kepada atasan mengenai kendala-kendala yang Moms hadapi. Termasuk juga bahwa kini Moms harus memerah ASI beberapa jam sekali. Yang jelas, Moms tetap harus berusaha menjadi karyawan yang profesional meski kini sudah memiliki anak.
4. Pekerjaan Kantor
source: https://www.thebalance.com/how-to-answer-interview-questions-about-your-ideal-boss-2063848
baca juga

5. Rencana Cadangan

Meski dipersiapkan matang, ternyata rencana-rencana yang telah disusun bisa berubah karena satu dan lain hal yang berpotensi membuat Moms menjadi semakin galau, maka Moms harus mempersiapkan beberapa rencana cadangan. Hal ini sebagai alternatif jika rencana utama tidak bisa berjalan baik. Misalnya, saat pengasuh anak tidak datang maka rencana cadangannya antara lain: mengambil cuti atau menitipkan anak sementara kepada daycare harian. Yang terpenting, persiapkan selalu rencana cadangan agar Moms tidak terlalu galau jika rencana utama gagal dijalankan.

5. Rencana Cadangan
source: http://www.trinfinity8.com/life-is-all-about-how-you-handle-plan-b/

Itulah 5 hal yang harus Moms persiapkan sebelum cuti melahirkan habis. Memang tidak selalu mudah untuk kembali bekerja lagi setelah melahirkan sang buah hati. Namun pilihan untuk bekerja lagi telah diambil, sehingga mau tidak mau,Moms harus menjalaninya dengan senang hati. Semangat ya, Moms.