Mungkin untuk ibu-ibu masa kini udah tau ya apa itu Babyplus. Jadi babyplus semacam alat bantu edukasi sejak dini untuk calon anak kita. Alat ini bisa dipakai dari usia kehamilan 18 minggu. Saya pakai Babyplus dari umur 22 minggu kehamilan. Alatnya memiliki 16 level yang dan dipakai 2x sehari dengan jadwal jam yang teratur. Sebenernya alat ini cuma berisi suara seperti detak jantung, semakin tinggi level semakin cepat ritme detak jantungnya. Apa aja benefitnya? Saya sebutin berdasarkan pengalaman saya memakai Babyplus saat hamil anak pertama yaa. 



1. Bisa dipakai di umur kehamilan akhir

Ga perlu takut kalo telat pakai Babyplus di usia hamil tua. Maksimal dipakai di usia 32 minggu. Efeknya akan tetap positif seperti memakai di usia hamil muda. 

 

2. Anak tidak mudah rewel

Ini saya rasakan sampe sekarang anak saya sudah berumur 15 bulan. Anak saya tidak mudah rewel, anteng dan sikapnya seperti fleksibel. Mau dengan siapa aja dan ga gampang nangis. 

 

3. Self soothe

Kalo yang ini udah langsung dirasakan waktu anak saya baru dilahirkan. Tangisan bayi baru lahir cenderung tenang (tidak nangis teriak) dan tidak terlalu lama. Anak sudah memiliki insting sendiri untuk bersikap tenang.

 

4. Efeknya dibawa seumur hidup

Yang paling penting ini, efek positifnya bakal terasa dan dibawa terus sama anak seumur hidup dia. Anak menjadi mudah diatur. Ga banyak nentang. 

Jadi, sejauh ini ga ada efek samping yang membahayakan, efeknya semua positif. Ga ada salahnya mom memakai Babyplus, nantinya bisa disewakan juga kalo beli. Jadi apakah nanti akan memakai Babyplus lagi untuk anak kedua? Yes! 
Tipsnya kalo pake alat ini sebaiknya beli juga baterai yang bisa di charge, karena pemakaiannya agak boros. Tiap seminggu harus mengganti baterai 4 buah.