Mengatasi rasa pusing saat menyusui bukanlah hal yang sulit. Banyak cara mudah yang dapat Ibu lakukan agar proses menyusui berjalan dengan lancar. Setiap Ibu tentu menginginkan agar sang buah hati tercukupi asupan ASI-nya, karena makanan terbaik bayi adalah ASI. Selain itu, menyusui juga merupakan salah satu cara Ibu untuk menunjukkan kasih sayang kepada bayi.

Sayangnya, seringkali timbul masalah yang membuat proses menyusui menjadi terhambat. Tapi Ibu tak perlu khawatir, berikut 3 langkah mudah mengatasi rasa pusing saat menyusui:


 

Perbanyak Minum Air Putih


Selama menyusui, Ibu diharuskan untuk memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan yang menjadi faktor utama timbulnya pusing saat menyusui. Ibu disarankan untuk mengonsumsi tiga liter setiap harinya dan dapat juga menambahkan asupan cairan yang diperoleh dari jus. Selain itu, kurangi mengonsumsi kopi atau softdrink pasalnya jenis minuman itu bersifar diuretik atau menahan cairan.

source: http://www.familiachidaoficial.com/2016/02/10-pequenos-trucos-para-perder-peso-sin.html


 

baca juga

Menyusui dengan Posisi yang Benar


Salah posisi saat menyusui dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala. Posisi duduk dengan bahu bungkuk atau duduk tanpa sandaran adalah posisi menyusui yang salah. Karena itu, Ibu diharuskan untuk mengetahui posisi yang benar saat menyusui. Selain itu, saat menyusui tubuh juga harus relaks, Ibu bisa menggunakan bantal untuk menyangga punggung dan bahu atau bisa juga dengan melakukan stretching untuk melemaskan otot.

source: http://www.kidspot.com.au/baby/feeding/breastfeeding/alternative-positions-for-breastfeeding


 

Memanjakan Diri


Walaupun Ibu disibukkan dengan mengurus sang buah hati, namun memanjakan diri atau me time juga penting dilakukan selama proses menyusui untuk menghindari stress. Rasa lelah atau jenuh menjadi salah faktor timbulnya stres pada ibu menyusui. Saat Si Kecil sedang tidur siang, Ibu bisa berbaring atau duduk santai sembari mendengarkan musik atau sekedar creambath ke salon.

source: http://www.asklubo.com/lifestyle/musik/wie-laedt-man-musik-von-einem-iphone-auf-itunes/107.555