Assalamu'alaykum moms!

Bagaimana kabar liburannya? Meski liburan harus tetap menjaga kesehatan ya moms. Buat yang belum kepikiran mau liburan kemana, kita baking aja yuuuuk. Terjun ke dapur sama anak-anak. Sekalian bisa menjadi sarana untuk mengenal nama dan tekstur bahan-bahan dapur.

Kali ini saya ingin share resep Cinnamon Roll. Saya sangat tergila-gila dengan Cinnamon Roll karena subhanallah wangi rempah kayumanisnya menggoda sekali. Filling gula palemnya juga bikin rasa rotinya seimbang, nggak terlalu manis. Apalagi ditambah topping cream cheese frosting yang membuat si CinnRoll jadi kaya rasa!

Saya menggunakan metode Killer Soft Bread, resep dari selebgram favorit saya ci Tintin Rayner. Pokoknya kalo pake resepnya ci Tintin itu insyaa Allah selalu enak, karena beliau hanya share resep yang sudah berhasil dipraktekkan di dapur beliau. Hasil rotinya sangat lembuuuut. Yuk moms sekarang lihat resep dan cara membuatnya.





CINNAMON ROLL
Resep: Tintin Rayner
Rebake: Ikrimah Muzdalifah

Bahan-Bahan :

245 gram terigu protein tinggi
6 gram ragi instan
15 gram susu bubuk
36 gram gula pasir
1 butir telur + 20 gram whip cream bubuk + susu diaduk sampai 180 ml
30 gram butter unsalted (saya pakai margarin)
1/2 sdt garam (saya skip karena sudah pakai margarin)

Bahan Filling :
5 sdm gula palem
1 sdm kayu manis bubuk
1 sdm unsalted butter

Bahan Topping Cream Cheese Frosting:
50 gram cream cheese
3 sdm gula halus
Secukupnya susu cair

Cara Membuatnya :

1. Siapkan bahan-bahan. Campur terigu, ragi, gula pasir, dan susu bubuk dalam satu wadah. Masukkan campuran susu cair, telur, dan whip cream bubuk. Uleni sampai kalis. Lalu masukkan butter dan garam, uleni sampai kalis elastis. Adonan elastis ditandai dengan tekstur adonan yang tidak mudah sobek ketika direntangkan.



2. Gilas adonan menggunakan rolling pin sampai ketebalan yang diinginkan. Jangan terlalu tipis tapi juga jangan terlalu tebal ya moms. Lalu oleskan permukaan adonan dengan butter, kemudian taburkan campuran gula palem dan kayumanis bubuk. Gulung adonan, kemudian potong potong dengan ketebalan 3 cm. Agar rapi, adonan dipotong menggunakan benang saja moms. Lalu tata diatas loyang, atau letakkan di atas paper cup atau alumuniun foil. Proofing selama 30 menit sampai mengembang. Selama proofing, tutup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Lalu oles dengan kuning telur dan oven selama 15 - 20 menit sesuaikam dengan kondisi oven masing-masing yaa.



3. Sekarang buat frosting cream cheese nya ya moms. Campur semua bahan sampai kekentalan yang diinginkan.


4. Oleskan froting di atas roti. Di bawah ini foto roti CinnRoll yang baru diangkat dari oven. Wangi kayumanisnya bikin harum rumah lho moms hehehe.



5. Enjoy with kiddos dan teh hangat favorit. Cinnamon Roll ini enaknya dinikmati saat hangat-hangat.



Selamat mencoba ya moms.